Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa yang Mendapat Pembelajaran Discovery Learning dan Pembelajaran Inkuiri Di Sekolah Dasar

Asri Agustin (Universitas PGRI Palembang)
Nila Kesumawati (Universitas PGRI Palembang)
Marvinda Rizki Dita Dirgantara (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mendapat pembelajaran discovery learning dan pembelajaran inkuiri siswa dikelas V pada Materi Bangun Ruang di SDN 91 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode discovery learning dengan desain postest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 91 Palembang berjumlah 72 orang, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas V.A dan V.B dengan jumlah masing-masing sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes sebagai instrument primer, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan independent sampel T-test. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mendapat pembelajaran Discovery learning dan pembelajaran Inkuiri siswa kelas V pada materi Bangun Ruang di SDN 91 Palembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...