Jurnal Administrasi Bisnis Terapan
Vol 4, No 2 (2022): Jurnal Administrasi Bisnis Terapan

MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN KESADARAN MERK BISNIS KEDAI KOPI DAN KAFE

Ngurah Rangga Wiwesa (Unknown)
Danurifqi Pramulia (Unknown)
Rahmi Setiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

ABSTRAKTeknologi yang berkembang saat ini menghadirkan beberapa industri kreatif di Indonesia diantaranya bisnis kedai kopi dan kafe. Dalam meningkatkan kesadaran merek agar dapat bersaing, dibutuhkan pemanfaatan strategi komunikasi pemasaran diantaranya melalui pemanfaatan tren pemasaran langsung dan digital khususnya penggunaan kanal media sosial. Diantara banyaknya pilihan kanal media sosial, Instagram menjadi pilihan bagi salah satu Kafe di kota Depok, Jawa Barat yaitu Semoet Cafe untuk melakukan pemanfaatan strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan kesadaran mereknya yang saat ini pada tahap brand recognition. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Semoet Cafe dalam meningkatkan brand awareness melalui Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang menggunakan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep pemasaran langsung dan digital dalam kesadaran merek dengan triangulasi sumber data dari triangulator yang relevan dalam bidangnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan pemanfaatan strategi komunikasi pemasaran melalui pemanfaatan berbagai fitur dalam Instagram dapat membuat konten ditonton oleh ratusan ribu orang, peningkatan jumlah jangkauan, dan juga pengikut Instagramnya untuk mencapai tingkatan kesadaran merek selanjutnya yaitu brand recall.   Kata kunci: Pemasaran langsung dan digital, Media Sosial, Instagram, Kesadaran Merek

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jabt

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Administrasi Bisnis Terapan (JABT) is a journal under the Vocational Education Program of University of Indonesia. JABT is a media for scientific publications that publish the results of applied research on the scope of insurance administration, banking administration, tax administration, ...