Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 3 (2022): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Profil Kemampuan Multi Representasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Siswa dengan Gaya Belajar Kinestetik

Dyah Ayu Arisyanti (Universitas PGRI Semarang)
Nizaruddin Nizaruddin (Universitas PGRI Semarang)
Dewi Wulandari (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Representasi merupakan ungkapan dari gagasan-gagasan atau ide-ide matematis yang ditampilkan siswa dalam upaya mencari solusi dari masalah yang sedang dihadapinya sebagai hasil dari interpretasi pikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan multi representasi dalam menyelesaikan soal cerita pada siswa dengan gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes angket gaya belajar, tes representasi matematis, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIIIB MTs Abadiyah Gabus. Subjek penelitian yaitu 2 siswa terdiri dari 2 siswa gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahwa profil kemampuan multi representasi dalam menyelesaikan soal cerita pada siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu menyelesaikan semua soal. Subjek dengan gaya belajar kinestetik kurang mampu menggunakan representasi grafik atau gambar. Pada tahap subjek mampu menuliskan langkah-langkah dengan menggunakan ekspresi matematis. Pada tahap representasi kata-kata subjek mampu menggunakan pada kesimpulan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...