Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 3 (2022): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Nilai Mutlak Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran E-learning di Masa Pandemi Covid-19

Monita Nursa Saputri (Universitas PGRI Semarang)
Rasiman Rasiman (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Saifuddin Zuhri (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam penyelesaian masalah yang berkaitan dengan materi nilai mutlak pada pembelajaran e-learning di masa pandemi covid-19 ditinjau dari gaya kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Mardisiswa Semarang tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dengan rincian 2 siswa dengan gaya kognitif field independent dan 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi langsung pada saat pengerjaan tes GEFT, tes pemahaman konsep dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu membandingkan hasil tes pemahaman konsep dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa (1) subjek dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi seluruh indikator pemahaman konsep matematis pada sub materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel, (2) subjek dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi seluruh indikator pemahaman konsep matematis pada sub materi pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel, (3) subjek dengan gaya kognitif field dependent mampu memenuhi empat dari lima indikator pemahaman konsep matematis pada sub materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel, (4) subjek dengan gaya kognitif field dependent mampu memenuhi tiga dari lima indikator pemahaman konsep matematis pada sub materi pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...