Kurangnya kemampuan ibu rumah tangga khususnya yang tergabung dalam kelompok usaha bersama ibu rumah tangga (KUBE-IRT) mengenai pemasaran produk secara online menjadi salah satu permasalah yang penting untuk program kerja pengabdian masyarakat yang akan di selenggarakan di Kp. Marga Bakti RW.16 Desa Ganjarsabar ini. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka terdapat beberapa solusi yang diberikan, diantaranya berfokus pada hal berikut; 1) Inovasi produk makanan Tiongkok Bakpao 包子bāo zi dan Pangsit 饺子jiǎo zi 2) Packaging mengunakan label 3) Pemasaran dengan terget yang lebih luas jangkauannya melalui jejaring sosial seperti; Market place Fabebook, WhattApp Bussines, Instagram, dll. Terdapat dua metode pemecahan yang di gunakan yaitu pertama, Metode sosialisasi dan yang kedua, Metode Focus Group Discussion (FGD). Simpulan dari pengabdian masyarakat ini adalah adanya potensi masyarakat dalam berbagai bidang, telah dilaksanakannya program kerja pada 4 bidang (Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan dan Lingkungan/Infrastruktur) sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan. Partisipasi dan dukungan masyarakat cukup tinggi, dimana masyarakat turut aktif dalam pelaksanaan program sehingga masyarakat dapat mengambil manfaatnya dengan lebih maksimal.Kata Kunci: Inovasi, Tiongkok, Pengabdian Masyarakat
Copyrights © 2022