JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 8, No 1 (2022)

Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Fungsi Komposisi dan Invers Kelas X MA Alliful Ikhwan SAA Silangkitang

Lily Rohanita Hasibuan (Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Labuhan Batu)
Bayana Dalimunthe (Universitas Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian menganalisis tentang kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi fungsi komposisi dan invers, penelitian ini bertujuan untuk: (1)  mengetahui tingkat kesulitan yang dialami oleh siswa kelas X MA Alliful Ikhwan SAA Silangkitang dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi dan invers, (2) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa Kelas X MA Alliful Ikhwan SAA Silangkitang dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi dan invers. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena data yang dianalisis ialah data kualitatif yaitu berupa kesulitan informasi mengenai kesulitan yang dialami siswa, serta menggunakan persentase untuk melihat tingkat kesulitan yang dialami oleh siswa sesuai dengan tipe kesulitannya dengan subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas X MA Alliful Ikhwan SAA Silangkitang yang berjumlah sebanyak 40 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode tes yang berupa tes uraian sebanyak 6 butir soal  dan wawancara untuk memastikan kesulitan yang dialami siswa serta faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi dan invers. Hasil penelitian yang diperoleh membuktikan bahwa jenis-jenis kesulitan siswa yang berkaitan dengan objek matematika yaitu konsep, pemahaman, operasi, hasil persentase kesulitan pada tipe I yaitu memahami maksud soal didapat sebesar 32% dikategorikan rendah, kesulitan pada tipe II yaitu pemahaman konsep sebesar 40%, dikategorikan rendah, kesulitan pada tipe III yaitu dalam operasi perhitungan sebesar 27%, dikategorikan rendah, faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik kesulitan menyelesaikan soal yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya yaitu dimana kesulitan yang dialami siswa lebih dominan berada pada siswa itu sendiri sedangkan faktor eksternal ialah meliputi faktor pedagogis yaitu cara mengajar guru dan faktor sosial serta faktor ekonomi orangtua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...