JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 8, No 1 (2022)

Pengaruh Media Pembelajaran Abacus untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini

Indah Fitria Rahma (FKIP Universitas Labuhanbatu)
Siti Suharni Simamora (Universitas Labuhanbatu)
Shena Shena (Universitas Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa guru masih menggunakan metode ceramah yang membuat anak jenuh dan kurang antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari 20 anak yang mengikuti pembelajaran, hanya 26,10% atau 6 anak yang hasil belajarnya diatas kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan sekolah. Pelaksanaan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Peneliti bertindak sebagai guru yang terlibat langsung dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1, hasil pengamatan memperlihatkan bahwa kinerja guru sudah baik tetapi masih ada kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki, keaktifan siswa masih kurang maksimal, dan hasil evaluasi belajar siswa yang mencapai nilai ketuntasan ada 14 anak dengan prosentase ketuntasan klasikal 60%. Siklus 2, hasil pengamatan memperlihatkan kinerja guru sudah baik, kekurangan - kekurangan yang ada pada siklus 1 sudah tidak nampak lagi, anak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, dan anak yang mencapai nilai ketuntasan ada 19 anak dengan prosentase klasikal 87%. Ketuntasan belajar meningkat dari 60% menjadi 87%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan media papan perkalian pada materi perkalian memberi dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...