Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 8 No 2 (2022): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Mei)

Analisis Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Tunjangan Guru di Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau

Paisal Paisal (Program Pascasarjana Universitas Terbuka)
Entang Adhy Muhtar (Universitas Padjajaran)
Milwan Milwan (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
17 May 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai dalam pelayanan tunjangan dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara. Landasan teori yang digunakan adalah konsep indikator kinerja yang mencakup kualitas, kuantitas, waktu, kerjasama, penekanan biaya, dan pengawasan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 19 orang dengan instrumen pengumpulan data melalui wawancara, FGD, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan dari segi kualitas pelayanan ada 6 indikator pada umumnya memiliki kinerja sedang meliputi kualitas, waktu, kerjasama, dan pengawasan. Namun, ada satu indikator yakni penekanan biaya yang memiliki kinerja tinggi dalam pelayanan tunjangan guru dan satu indikator lainnya kinerja rendah yaitu kuantitas. Faktor yang mendukung kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan adalah sumber daya manusia yang baik menghasilkan kinerja yang baik dan kerjasama antarbidang atau instansi yang memudahkan proses dalam pelayanan. Adapun faktor penghambat yaitu sering menunda pekerjaan yang ada, persyaratan berkas yang tidak lengkap atau tidak memenuhi persyaratan, dan sarana prasarana yang kurang lengkap. Dinas Pendidikan seyogyanya memberikan pelatihan khusus terhadap SDM terkait peningkatan kinerja pegawai sekaligus perbaikan dalam bidang sarana dan prasarana. The study aims to determine the performance analysis of employees in the service of allowances and factors that support and hinder employee performance at the Education Office of Malinau Regency, North Kalimantan Province. The theoretical basis used is the concept of performance indicators which include quality, quantity, time, cooperation, cost suppression and supervision. The method in this research is descriptive with a qualitative approach. The informants used in this study amounted to 19 people with data collection instruments through interviews, FGDs, observations, and document analysis. The data analysis used in this research is qualitative analysis. In terms of service quality, the 6 indicators generally have moderate performance including quality, time, cooperation and supervision. but there is one indicator, namely cost suppression which has high performance in teacher allowance services and one other performance indicator, namely quantity. Factors that support the performance of employees at the Education Office are good human resources resulting in good performance and Inter-Sectoral/Agency Cooperation that facilitates the process in service. The inhibiting factors are often delaying existing work, incomplete file requirements or do not meet the requirements and Inadequate infrastructure. The Education Office should provide special training to existing human resources so that employees can become even better and also the need to add facilities and infrastructure that are lacking in service.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...