Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 8 No 2 (2022): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Mei)

Model Pembelajaran Bahasa Inggris di Dhamma Sekha Saddhapala Jaya Temanggung

Dwi Maryani Rispatiningsih (STABN Raden Wijaya Wonogiri)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

The objectives of this study are to find out teaching learning process, to find out kind of methods and to find out the obstacles. This research is deskriptive qualitative research. The subjects were 78 students. Observation, interviews, and documentation used in data colection. Analysis techniques were using reduction, presentation, and drawing conclusion. Result show that teachers used many kind of methods, they are : lecturing, question and answer method, drill, translation, grammatical translation and classical method. There are obstacles found, background of teacher’s education are not English Education, the limitation of reading resources, lack of students’ discipline, and students pasive. Penelitian memiliki tujuan antara lain untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran, untuk mengetahui metode yang digunakan guru, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan Diskriptif Kualiatif. Subjek penelitian 78 siswa. Observasi, wawancara dan dokumentasi yang digunakan dalam pengumpulan data. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan guru menggunakan beberapa metode pembelajaran antara lain: ceramah, tanya jawab, drill, terjemah, gramatikal terjemah dan klasikal. Kendala yang dihadapi diantanya adalah background pendidikan guru bukan dari Pendidikan Bahasa Inggris, terbatasnya sumber bacaan bagi guru, kedisplinan siswa yang masih kurang, dan siswa pasif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...