Pandemi Covid-19 telah membuat perubahan dalam proses pembelajaran yaitu pembelajaran dilaksanakan secara daring. Hal tersebut mengharuskan pendidik untuk menguasai teknologi pembelajaran. Tujuan penelitian ini mengetahui persepsi pengajar di berbagai tingkat pendidikan mengenai revolusi teknologi pembelajaran yang dilakukan saat wabah Covid-19. Responden penelitian adalah 140 pendidik peserta pelatihan pengenalan aplikasi dalam pembelajaran e-learning. Aplikasi yang diajarkan pada pelatihan meliputi wakelet, prezi video, quizlet, my view board, dan classcraft. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode survei. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 16% pendidik merasa dimudahkan dengan aplikasi yang dipelajari, 22% pendidik menyikapi biasa dan 36% merasa kesulitan beradaptasi dengan perkembangan teknologi pembelajaran selama pembelajaran daring. Penilaian pendidik dan persepsi yang baik tentang revolusi teknologi pembelajaran menunjukkan teknologi pembelajaran berperan besar dan berdampak positif dalam revolusi pembelajaran daring
Copyrights © 2022