JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
Vol 7 No 3 (2022): Edisi Mei

Penggunaan Media Pembelajaran Model Gerakan Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada

Danang Prama Dhani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ida Zubaida (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Rian Triprayoga (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Arief Nur Wahyudi (STKIP Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara media model gerakan oleh pengajar, rekaman, dan kombinasi (media model gerakan oleh pengajar dan rekaman) terhadap hasil belajar renang gaya dada. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan 3 variabel independen (media model gerakan oleh pengajar, rekaman, kombinasi (media model gerakan oleh pengajar dan rekaman) dan 1 variabel dependen yaitu hasil belajar renang gaya dada. Sumber data penelitian adalah 30 Mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan Untirta. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara media sajian model gerakan oleh pengajar, rekaman, dan kombinasi terhadap hasil belajar renang gaya dada. Media kombinasi (media model gerakan oleh pengajar dan rekaman) mempunyai peningkatan tertinggi sebesar 195% dibandingkan model gerakan oleh pengajar dan rekaman.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and ...