Abstrak : Guru merupakan kunci dan sekaligus ujung tombak pencapaian misi pembaharuan pendidikan. Permasalahan yang terjadi pada saat ini, bahwa guru di SD Negeri No 091618 Perdagangan tidak pernah mengembangkan bahan ajar sendiri. Hal ini terjadi karena banyaknya bahan ajar yang praktis dan siap pakai. Bahan ajar tersebut tidak sesuai dengan karakteristik siswa. Maka dari itu perlunya dilakukan penelitian tentang pengembangan Bahan Ajar Tematik Siswa Kelas IV SD Negeri No.091618 Perdagangan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (depelopment research) yang berorientasi pada produk. Keefektifan bahan ajar tematik ditentukan berdasarkan pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal. Keefektifan bahan ajar tematik dalam meningkatkan hasil belajar sudah efektif untuk digunakan dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada uji coba I sebesar 75% meningkat menjadi 92% pada uji coba II. Kata Kunci : Bahan Ajar, RnD, Efektif, Tematik
Copyrights © 2021