Pembelajaran daring di era pandemic covid-19 sangat diperlukan untuk keberlangsungan pembelajaran jarak jauh, salah satunya dengan menggunakan aplikasi Edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran menggunakan media Edmodo dan respon dari orang tua dan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran ini. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek wali murid dan siswa kelas 2F SD Muhammadiyah 4 Surabaya. hasil dari penelitian ini yaitu: 1) proses pembelajaran menggunakan media Edmodo diawali dengan guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disesuaikan dengan pembelajaran menggunakan Edmodo, guru menyiapkan materi dan sumber belajar yang akan di unggah ke dalam akun Edmodo, materi sumber belajar, dan RPP di unggah kedalam akun Edmodo guru, peserta didik dapat langsung melihat di kelas Edmodo tentang materi pembelajaran yang sedang dilaksanakan, peserta didik juga bisa mengerjakan tugas dan latihan-latihan langsung di kelas Edmodo dan guru dapat langsung menilai hasil tugas dan latihan peserta didik di kolom Edmodo. 2) Respon dari orang tua dan siswa menunjukkan hal yang positif terhadap pelaksanaan pembelajaran. Saran dari penelitian ini bisa menjadi rujukan untuk penelitian sejenis dan proses pembelajaran sekolah lain dengan menggunakan Edmodo.
Copyrights © 2022