Branchless banking atau bank tanpa kantor cabang yang terdiri dari berbagai layanan perbankan seperti ATM, CDM, internet banking, mobile banking, dan lain – lain merupakan salah satu teknologi yang membantu banyak pihak terutama perbankan dalam menjalankan tugas pengelolaan transaksi dan keuangan nasabah. Oleh karena itu, peninjauan mengenai seberapa jauh nasabah merasakan kepuasan merupakan hal yang sangat penting agar layanan ini benar – benar efektif. Maka dari itu penelitian ini akan menggali data dari nasabah melalui instrumen kuesioner skala likert, yang menilai kepuasan dari anggaran nasabah dan atribut dari layanan seperti pemanfaatan waktu, kepraktisan, kelengkapan layanan, dan tingkat keamanan. Dari hasil yang diperoleh, terdapat 2 faktor terkuat yang memengaruhi kepuasan nasabah secara positif yakni kepraktisan dan tingkat keamanan, dan faktor lain berpengaruh kecil terhadap kepuasan nasabah dan ditemukan pula bahwa justru pemanfaatan waktu dan kelengkapan layanan berbanding negatif dengan kepuasan nasabah.Kata kunci: Branchless Banking, Kepuasan Nasabah, Perilaku Nasabah
Copyrights © 2014