Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan
Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan

PENGARUH PENGGUNAAN LARUTAN DAUN CENGKEH TERHADAP PENURUNAN KEPADATAN VEKTOR LALAT PADA PROSES PENJEMURAN IKAN ASIN

Noor Inzani Imaniar Hermansyah Tanjung (Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare)
Nurhapsa (Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare)
Abdul Madjid (Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Lalat adalah Arthropoda sebagai vektor mekanis yang membawa bibit penyakit. Cengkeh (Syzigium Aromaticum) adalah insektisida hayati berpotensi mengendalikan vektor, baik untuk pemberantasan larva maupun lalat dewasa. Daya bunuh insektisida hayati berasal dari zat aktif eugenol yang dikandungnya, Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan larutan daun cengkeh terhadap penurunan kepadatan vektor lalat pada proses penjemuran ikan asin. Jenis penelitian adalah Quasi – Experimental dengan rancangan one grup pre test – post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan larutan daun cengkeh terhadap penurunan kepadatan lalat pada proses penjemuran ikan asin dengan uji paired sample t – test nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,003. Disarankan kepada masyarakat menggunakan limbah daun cengkeh untuk menekan angka populasi lalat yang hinggap pada produk ikan asin saat dipasarkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

makes

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Manusia dan kesehatan merupakan jurnal ilmiah menyajikan hasil penelitian, laporan kasus, makalah ilmiah atau kajian analitis-kritis di bidang manusia dan kesehatan dan artikel dalam bentuk ulasan. Jurnal ini diterbitkan setahun tiga kali: Januari, Mei, dan ...