Joined Journal (Journal of Informatics Education)
Vol 5 No 1 (2022): Volume 5 Nomor 1 (2022)

Implementasi Pembelajaran Daring pada Kegiatan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di Smk Negeri 1 Jati dan Smk Muhammadiyah Randublatung Kabupaten Blora

Paras Aditya Rochmani (Unknown)
R Irlanto Sudomo (Unknown)
Handini Arga Damar Rani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Rochmani, Paras Putra Aditya Tri (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Pada Kegiatan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 1 Jati Dan SMK Muhammadiyah Randublatung Di Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2020-2021. Skripsi. Pendidikan Informatika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet. 96 halaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Implementasi Pembelajaran Daring Pada Kegiatan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 1 Jati Dan SMK Muhammadiyah Randublatung Di Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2020-2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Implementasi pembelajaran daring di SMK Negeri 1 Jati dan SMK Muhammadiyah Randublatung yaitu dengan memanfaatkan beberapa macam aplikasi seperti google classroom, google meet, google form, WA group dan zoom, penggunaan RPP satu lembar dan evaluasi lembar kerja tertulis yang dapat diambil dan dikumpulkan langsung ke sekolah. 2) Faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran daring yaitu sinyal internet yang tidak stabil, kuota internet yang tidak mencukupi, minimnya antusias siswa dan minimnya siswa akan pemahaman materi. 3) Faktor pendukung pembelajaran daring yaitu sekolah memfasilitasi full wifi untuk guru dan siswa di sekolah, dan siswa diberikan kuota internet gratis setiap bulan. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jiptika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Engineering Other

Description

The scope of this journal specializes in topics related to Informatics Education, learning using information technology, and innovation in other informatics ...