JAS (Jurnal Agri Sains)
Vol 6, No 1: Juni 2022

ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS TANAMAN HIAS DENGAN PENDEKATAN MODEL BISNIS KANVAS (Studi Kasus Pada Kios Tanaman Hias Vinang Merah)

Herlina Herlina (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambi)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Usaha skala mikro hendak terus didorong agar menjadi usaha besar, diperlukan model bisnis yang cocok untuk pengembangan usaha, salah satunya dengan model bisnis kanvas.Model bisnis tergambar kondisi internal dan eksternal usaha melalu tampilan Sembilan elemen bisnis.Pendekatan ini digunakan untuk pengembangan kios tanaman hias Vinang Merah Kota Jambi.Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi model bisnis yang dijalankan kios tanaman hias Vinang Merah; (2) Mengidentifikasi  faktor eksternal dan internal yang memengaruhi model bisnis kanvas; (3) Merancang model bisnis kanvas pengembangan bisnis di masa depan. Metode yang digunakan adalah model bisnis kanvas dan SWOT.Hasil analisis menunjukkan bahwa dibutuhkan pengembangan di semua (Sembilan)elemen model bisnis kanvas.Berfokus pada kegiatan kreatifitas penambahan koleksi tanaman hias dan pemasaran digital mulai dari menambah koleksi tanaman hias anggrek, anting putri, varian baru, vertical garden, penjualan sistem arisan, memiliki database pelanggan, bermitra dengan tim IT, membentuk tim marketing online, membuat sistem informasi penjualan berbasis digital yang akan mempengaruhi elemen elemen lainnya sehingga mampumembentuk brand bagi kios tanaman hias Vinang Merah yang pada gilirannya akan meningkatkan aliran pendapatan. Saran manajemen usaha kios tanaman hias Vinang Merah agar melakukan peningkatan pada elemen value proposition, channels, dankey partnership untuk pengembangan model bisnis yang sudah ada. Kata kunci: Tanaman hias;model bisnis kanvas;analisis swot AbstractMicro scale businesses want to continue to be encouraged to become big businesses, a suitable business model is needed for business development, one of which is the canvas business model. The business model depicts the internal and external conditions of the business through the display of nine business elements. This approach is used for the development of the Vinang Merah ornamental plant kiosk in Jambi City. The objectives of this study are (1) to identify the business model of the Vinang Merah ornamental plant kiosk; (2) Identifying external and internal factors that affect the canvas business model; (3) Designing a business model canvas for future business development. The method used is the canvas business model and SWOT. The results of the analysis show that development is needed in all nine elements of the canvas business model. focusing on creative activities for adding ornamental plant collections and digital marketing, starting from adding a collection of ornamental orchids, princess earrings, new variants, vertical gardens, selling social gathering systems, having a customer database, partnering with the IT team, forming an online marketing team, creating a sales information system. digital-based which will influence other elements so as to be able to form a brand for the Vinang Merah ornamental plant kiosk which in turn will increase the revenue stream. Suggestions for the business management of the Vinang Merah ornamental plant kiosk to make improvements to the value proposition, channels, and key partnership elements for the development of existing business models. Keywords: ornamental plants; canvas business model; SWOT analysis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAS

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

JAS (Jurnal Agri Sains) adalah open access jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo. JAS menerbitkan hasil penelitian original, skripsi, tesis dan review artikel dalam bidang sosial ekonomi pertanian dan agribisnis. JAS juga menerima karya ...