Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 2c (2022): Juni

Efektivitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Discovery berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Wafa Painda Sari (Universitas Mataram)
Hairunisyah Sahidu (Universitas Mataram)
Ahmad Harjono (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Pembelajaran fisika memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Fisika adalah produk ilmiah yang mengandung fakta, konsep, hukum, dan teori. Sehinga fisika perlu diajarkan dengan tujuan membekali peserta didik pengetahuan dan pemahaman yang berguna untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pada kenyataannya pembelajaran fisika di sekolah cenderung mengasah aspek pengulangan dan hafalan sehingga kurang mendorong peserta didik menguasai konsep dan berpikir kreatif. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan suatu perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran fisika berbasis discovery berbantuan simulasi phet yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Desain penelitian yang digunakan ialah model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Produk yang dikembangkan yakni silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), serta instrument tes keterampilan berpikir kreatif. Efektivitas diperoleh dari hasil uji coba terbatas untuk mendapatkan nilai N-gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai N-gain rata-rata sebesar 0,63 dengan kategori sedang, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika berbasis discovery berbantuan simulasi phet pada materi elastisitas efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...