Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri
Vol 3, No 2 (2015)

ANALISIS PERSPEKTIF KONSUMEN PADA DESAIN KEMASAN KERIPIK BUAH MENGGUNAKAN REKAYASA KANSEI DAN MODEL KANO

Pamanggiasih, Laras Gustari (Unknown)
Tama, Ishardita Pambudi (Unknown)
Azlia, Wifqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2015

Abstract

Abstrak Banyaknya tempat wisata di Kota Malang membuat persaingan antar IKM semakin ketat untuk menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas untuk wisatawan seperti keripik buah. Dalam mengatasi hal tersebut, pelaku IKM harus memikirkan cara lain agar produknya laku di pasaran, tidak hanya dari segi kualitas produknya, tetapi juga harus mampu menarik dan memuaskan konsumen, terutama konsumen baru, salah satunya adalah melalui desain kemasan keripik buah. Penelitian ini, menganalisis lebih jauh mengenai desain kemasan keripik buah oleh-oleh khas Kota Malang yang dapat menarik dan sesuai dengan keinginan konsumen. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan pengusaha keripik buah dapat lebih selektif untuk menentukan strategi desain kemasannya untuk meningkatkan penjualan produk keripik buah ditengah-tengah persaingan pasar yang cukup ketat. Penelitian ini menggunakan konsep Kansei Engineering untuk menerjemahkan persepsi konsumen terhadap desain kemasan keripik buah dan Model Kano untuk mengklasifikasi faktor preferensi yang diprioritaskan untuk pengembangan desain kemasan produk keripik buah, serta Analisis Konjoin untuk mengetahui hubungan dan kombinasi antara kata kansei dengan elemen desain. Dari hasil analisa, desain kemasan keripik buah yang diinginkan oleh pelanggan adalah desain kemasan yang modis (trendi), modern, elegan, bagus, kreatif (inovatif), menarik, mempesona (memikat), terang (cerah), bercorak dan berwarna, kualitas bagus, informatif dan komunikatif. Namun, secara keseluruhan, desain kemasan yang diinginkan oleh konsumen adalah desain kemasan dengan bahan plastik (.495), bentuk tabung (.491), berlabel digital printing (.121), warna-warni (1.001) dan berasesoris model tintie (.904), yang secara berurutan ditentukan oleh elemen desain asesoris (31.18%), warna (29.194%), bahan (18.867%), bentuk (14.253%) dan yang terakhir adalah label (6.506%). Kata kunci : kemasan keripik buah, desain kemasan berorientasi pelanggan, kombinasi rekayasa kansei dan model kano.

Copyrights © 2015