Kegiatan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan harus meyesuaikan dengan zaman atau era saat ini yaitu era society 5.0, atau disebut era tehknologi, karena melaksanakan evaluasi merupakan salah satu hal yang bagian penting dalam pembelajaran, bisa dikatakan salah satu penunjang keberhasilan pembelajaran yang dilakukan, dengan demikian hasil dari pembelajaran bisa sesuai dengan yang diharapakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami secara lebih mendalam bagaimana perkembangan evaluasi dalam pembelajaran dalam era society 5.0, peneliti ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif, subyek dari penelitian ini adalah semua guru Madrasah Ibtidaiyah Darutta’lim Lombok, adapun teknik dalam penelitian ini adalah melakukan teknik ovservasi awal u ntuk melihat keadaan di MI Darutta’lim apakah evaluasi masih seperti biasa-biasa saja atau sduah ada perkembangan, teknik selanjutnya yaitu teknik wawancara dalam teknik wawancara ini peneliti menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur dengan guru, selain obesrvasi dan wawancara guru menggunakan teknik dokumentasi sebagai pelengkap dari data-data hasil ovservasi dan wawancara, selanjutnya prosdur penelitian yang dilakukan oleh peneliti yakni berawal dari peneliti paparkan hasil temuan di lapangan, kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan menjadi suatu hasil dalam penelitian, di dalam penelitian ini membahas tentang pengembangan evaluasi dalam era society 5.0, adapun hasil yang dapat peneliti tuliskan yaitu hasilnya sudah ada perkembangan penerapan evaluasi pembelajaran dalam era society 5.0 di MI Darutt’alim Lombok meskipun masih banyak kendala.
Copyrights © 2022