RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 2 (2022)

GAMIFIKASI BERBASIS CLASSCRAFT SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19

Maskhur Dwi Saputra (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Artikel ini memiliki tujuan untuk memaparkan konsep Gamifikasi berbasis Classcraft sebagai salah satu inovasi pembelajaran online. Metode yang digunakan untuk melakukan pemaparan artikel ini yaitu dengan menganalisis sumber referensi yang berhubungan dengan Gamifikasi berbasis Classcraft dari jurnal nasional dan internasional. Gamifikasi merupakan konsep pembelajaran yang muncul tahun 2010, dimana konsep ini memadukan permainan (game) dengan materi yang akan dikuasai peserta didik. Salah satu jenis Gamifikasi yaitu Classcraft. Jenis gamifikasi ini dikembangkan oleh Shawn You pada tahun 2011. Pengguna dapat mengakses Classcraft pada website resmi atau men-download pada playstore. Konsep Classcraft mengusung tema permainan (Role Playing), dimana terdapat hero seperti warrior, healer, dan mages. Hero tersebut yang akan di pilih dan dimainkan oleh peserta didik dengan cara mempelajari materi yang menjadi topik pembelajaran. Selain itu ada Tools seperti XP (Experience Point) dan HP (Health Point) untuk memberikan atau mengurangi poin dari peserta didik apabila melakukan perilaku positif atau negatif ketika proses pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...