Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD)
Vol 1, No 1 (2022): EDISI JANUARI 2022

Pengelompokan Prestasi Siswa Menggunakan Algoritma K-Means

Sefia Natalia Br Sembiring (Stmik Triguna Dharma)
Hendryan Winata (Stmik Triguna Dharma)
Sri Kusnasari (Stmik Triguna Dharma)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Prestasi siswa itu sendiri dapat dilihat dari pengelompokan ruangan kelas menurut kemampuan yang dimiliki setiapĀ  individu. Hal ini yang mendasari mengapa peneliti melakukan penelitian di SD Namorambe terkait dengan veriabel-variabel yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dimana dalam penentuan hal tersebut sekolah ini masih menggunakan metode pengambilan keputusan ,inspirasi, membuat sekolah ini masih sulit untuk menentukan prestasi siswa. Dengan demikian sekolah perlu melakukan perubahan yang dapat membantu pegawai dan institusi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan mengetahui prestasi belajar siswa. Permasalahan tersebut, maka melakukan pengujian ini di perlukan sebuah sistem penghitungan dengan konsep data mining. Penguasaan materi pembelajaran salah satu pengukur untuk mendapatkan nilai siswa dan ini merupakan salah satu kebijakan dalam menentukan prestasi siswa. Salah satu teknik dalam data mining yang dapat dilakukan untuk pengelompokan yaitu clustering. Hasil penelitian ini berupa sistem yang dapat mempermudah sekolah dengan cepat dan tepat dalam pengelompokkan prestasi siswa menggunakan K-means.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma merupakan Jurnal yang menampung hasil penelitian dari Mahasiswa khususnya mahasiswa di Program Studi Sistem Informasi juga menerima hasil penelitian dari kampus berbeda dengan bidang keilmuan yang sama. Jurnal ini menampung publikasi dibidang ilmu komputer ...