JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal

Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa di STAI Al-Hikmah Medan

Makmur Syukri (Unknown)
Bunga Khairunnisa (Unknown)
Rasidah Hilwana (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Pembelajaran orang dewasa pada prinsipnya dilakukan dan disusun bersama-sama antara sumber belajar (dosen, tutor, pelatih) dan peserta didik (warga belajar, mahasiswa, peserta pelatihan, dll) ini berlaku sampai tahap evaluasi, di samping itu pula dalam pengembangan pembelajaran dengan prinsip andragogi peserta didik diberikan kewenangan untuk menyusun, dan melaksanakan program pembelajaran, serta melakukan evaluasi pada program tersebut secara mandiri. Prinsip dasar yang dijadikan pegangan adalah mengacu pada konsep “dari, oleh, dan untuk peserta didik”, sehingga peran sumber belajar (dosen, pelatih, pamong, tutor, fasilitator) bertindak sebagai orang memberikan bimbingan, dorongan atau arahan bila diperlukan. Konsep ini menunjukkan bahwa peserta didik menyusun program atas dasar aktivitas dan kemampuan mereka sendiri dengan modal pengetahuan, keterampilan serta sumber yang ada dan dapat mereka gunakan. Pendidikan orang dewasa adalah proses interaksi batin pembelajaran disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan orang dewasa itu sendiri ditujukan untuk mempersonalisasi orang dewasa secara mandiri. Saat mengajar orang dewasa, situasinya sangat berbeda ajari anak-anak. Orang dewasa itu kaya pengalaman. Siapa yang mau belajar ketika mereka merasa membutuhkan sesuatu hal ini memungkinkan dia untuk mengarahkan dirinya sendiri, saya juga memiliki orang dewasa sehingga saya dapat memenuhi kebutuhan mereka asumsi dan prinsip dalam pendidikan orang dewasa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...