JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 6 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Sesi Komunikasi, Informasi dan Edukasi terhadap Status Gizi Anak di bawah Usia 3 Tahun di Rumah Sakit Muhammadiyah Gresik

Hamidah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sesi komunikasi, informasi, dan edukasi gizi selama sebulan terhadap peningkatan status gizi pada anak di bawah usia 3 tahun. Ini adalah uji coba kontrol acak yang dilakukan di Rumah Sakit Gresik Muhammadiyah, Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Sampel 160 anak di bawah 3 tahun dipilih untuk penelitian ini. Sampel dialokasikan secara acak ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok terdiri dari 80 anak. Variabel dependen adalah berat untuk usia dalam z-score. Variabel independennya adalah informasi, pendidikan dan komunikasi (IEC). Setelah intervensi ICE, berat rata-rata untuk usia z-score pada kelompok eksperimen (Mean= 1.50; SD= 1,30) lebih tinggi dari berat rata-rata untuk usia z-score pada kelompok kontrol (Mean= -0,50; SD= 1,10), dan secara statistik signifikan (p= 0,023). Sesi komunikasi, informasi, dan edukasi gizi selama sebulan yang ditujukan kepada ibu efektif untuk meningkatkan status gizi anak di bawah usia 3 tahun.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...