JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 7 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Upaya Pengelolaan Perpustakaan Umum Kabupaten Enrekang untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

Hatta, Muh (Unknown)
Suparman, Suparman (Unknown)
Niar, Niar (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2022

Abstract

Adapun yang menjadi Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pengelolaan Perpustakaan Umum Kabupaten Enrekang dalam meningkatkan minat baca masyarakat dan faktor pendorong dan penghambat pengelolaan Perpustakaan Umum Kabupaten Enrekang dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Enrekang. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Umum Kabupaten Enrekang. Sebagai informan dalam penelitian ini dapat diperoleh dari Kepala Dinas Staf dan Pegawai Perpustakaan Umum Kabupaten Enrekang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Upaya yang dilakukan oleh pengelolaan Perpustakaan Umum Kabupaten Enrekang dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Enrekang dapat dilihat pada indikator berikut ini: Kegiatan Sosialisasi, Kegiatan publikasi, Memberikan Pelayanan Yang Baik Kepada Pengunjung, Penyediaan Koleksi Buku-Buku Yang Lengkap,  Penyediaan Fasilitas-Fasilitas yang Memadai, (2) faktor pendorong dan penghambat pengelolaan Perpustakaan Umum Kabupaten Enrekang dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Enrekang  dapat dilihat pada indikator berikut ini: faktor pendorong adalah Minat Masyarakat, Tenaga Pengelola, Koleksi Perpustakaan dan Gedung Perpustakaan. Factor penghambat adalah Ruang Penyimpanan Bahan bacaan (Ruang Perpustakaan), Pendampingan Pelaksanaan Program, Keterbatasan Infrastruktur Transportasi dan Kurangnya Aspek Pembiayaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...