The education process in higher education allows new students to feel the pressure of changing the learning process from high school to the lecture process in higher education. Students with considerable pressure feel the academic stress condition in themselves. Academic resilience is expected to reduce student academic stress, namely increasing student resilience in facing difficulties and pressures in the lecture process. The journaling technique is an alternative treatment that can be given to students, as part of the rational emotive behavior therapy approach. This figure suggests an expressive writing technique to cognitive gaps (academic stress) experienced by students. Proses pendidikan di perguruan tinggi memungkinkan mahasiswa baru merasakan tekanan perubahan proses pembelajaran dari sekolah menengah ke proses perkuliahan di perguruan tinggi. Mahasiswa dengan tekanan yang cukup besar merasakan kondisi stres akademik dalam dirinya. Ketahanan akademik diharapkan dapat mengurangi stres akademik mahasiswa yaitu meningkatkan ketahanan mahasiswa dalam menghadapi kesulitan dan tekanan dalam proses perkuliahan. Teknik penjurnalan merupakan salah satu alternatif perlakuan yang dapat diberikan kepada siswa sebagai bagian dari pendekatan terapi perilaku emosi rasional. Gambar ini menunjukkan teknik menulis ekspresif untuk kesenjangan kognitif (stres akademik) yang dialami siswa.
Copyrights © 2021