Quagga
Vol 3, No 1 (2011)

PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUALBERBASIS MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA KONSEP MONERA DI SMA NEGERI 1 KUNINGAN

Lismaya, Lilis (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2011

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul “ Pengaruh Pembelajaran Konstektual Berbasis Masalah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Masa Pelajaran Biologi Konsep Monera di SMA Negeri 1 Kuningan “. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya jenis strategi pembelajaran yang digunakan dalam KBM namun kurang dapat memberdayakan sisiwa. Oleh karena itu, perlu adanya suatu strategi belajar baru yang dapat mendorong sisiwa mengkonstuksi pengetahuan mereka sendiri serta mampu menjadikan sisiwa siap menghadapi masalah-masalah nyata yang ada dalam kehidupan mereka yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual berbasis masalah, sehingga diharapkan dengan adanya strategi pembelajaran tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran konstektual berbasis masalah terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada konsep monera si SMA Negeri 1 Kuningan. Dalam penelitian ini penulis mengambil populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuningan semester 1 tahun ajaran 2005-2006 sebanyak 7 kelas dengan jumlah 276 siswa. Sedangkan sampel penelitian yang diambil secara purposive sampling adalah 2 kelas, yaaitu kelas X3 dan X5 dengan masing-masing kelas sebagai kelas eksperimen, dan jumlah masing-masing kelas 40 siswa. Jadi jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuasi eksperimen dengan satu perlakuan dan jenis penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh disanalisis dengan menggunakan uji statistik parametrik ( uji z ), karena data berdistribusi normal. Dari pengolahan data tes akhir melalui uji Z pada tarad signifikansi 1% diperoleh hasil Zhitung=13 dan Zdaftar=2,58 maka ZhitungZdaftar.Begitu pula melalui uji proposi diperoleh hasil Zhitung=10,83 dan Zdaftar=2,58 sehingga ZhitungZdaftar. Dengan demikian H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran konstektual berbasis masalah terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada konsep monera di SMA Negeri 1 Kuningan.        

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

The Quagga Journal (p-ISSN 1907-3089; e-ISSN 2615-5869) is a journal managed by the Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education Universitas Kuningan (FKIP UNIKU). This journal is issued twice a year (January and July) publishing articles from analytical studies ...