Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 2 (2022): Mei

Validitas Perangkat Pembelajaran Model PBL Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik

Samsul Hadi (Unknown)
Muntari (Unknown)
Burhanuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2022

Abstract

Penelitian dengan judul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Terintegrasi STEM pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII di MTs Qamarul Huda Bagu merupakan penelitian Research and Development (R & D). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang valid. Pengembangan yang dilakukan diadopsi dari pengembangan model Dick and Carrey dengan 9 tahapan pengembangan. Penelitian dilakukan di MTs Qamarul Huda Bagu dengan subjek penelitian yaitu kelas VII A dan VII C. Produk yang dikembangkan berupa Silabus, RPP, LKPD dan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Hasil validasi dari validator dianalisis menggunakan formula Aiken’s V. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangakat yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian tiga validator ahli.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...