Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education

Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Persamaan Linear Siswa SMP PAB 2 Helvetia

Syahrina Anisa Pulungan (STKIP Amal Bakti)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Literasi numerasi merupakan suatu pemahaman dalam penggunaan simbol dan angka matematika dalam menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pada tahun 2018 berdasarkan hasil PISA yang dirilis OECD tingkat literasi numerasi Indonesia berada pada peringkat 74 dari 79 negara, hal ini menunjukan bahwa tingkat literasi numerasi Indonesia masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi pada materi persamaan linear. Penelitian ini dilakukan di SMP PAB 2 Helvetia dengan subjek penetian siswa-siswi kelas VIIIB yang berjumlah 22 orang. jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan literasi numerasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan literasi numerasi dari 22 orang menunjukan kategori sangat baik dengan skor rat-rata 84,7. Tidak terpenuhinya indicator yang disebabkan oleh kesalahan siswa sendiri, antara lain :Tidak menuliskan informasi data yang diketahun dan ditanyakan,  Salah dalam menyelesaikan soal, Salah saat menghitung, dan Tidak menuliskan kesimpulan atas hasil jawaban yang diperoleh.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...