Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2022): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2022

SOSIALISASI PENGENALAN EMOSI MELALUI CERITA PENDEK (CERPEN) DI TK KHANSA KABUPATEN DELI SERDANG

Sari Wardani Simarmata (STKIP BUDIDAYA)
Azizah Batubara (STKIP Budidaya)
Sri Kurnia Hastuti Sebayang (STKIP Budidaya)
Fheti Wulandari Lubis (STKIP Budidaya)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Pada dasarnya anak masih labil dalam menggunakan emosi, maka melalui Cerita pendek (Cerpen) diperkenalkanlah klasifikasi emosi, supaya anak mampu menempatkan atau menggunkan emosi sesuai dengan batasan usianya. Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di TK Khansa ini bertujuan untuk mengenalkan macam – macam emosi pada anak serta membantu mereka untuk dapat mengelola dan menyalurkan emosinya secara tepat. Metode pelaksanaan pada pengabdian masyarakat ini adalah memberikan sosialisasi pengenalan emosi untuk anak-anak TK Khansa dengan metode cerita pendek (Cerpen). Membacakan cerpen dengan menggunakan buku bergambar merupakan media yang dipilih dalam pengabdian masyarakat ini, karena media diharapkan dapat memunculkan ketertarikan pada anak usia TK untuk mendengarkan dan memahaminya. Secara keseluruhan, terdapat beberapa poin penting dalam kegiatan pengabdian ini, yaitu respon positif dari anak-anak TK Khansa, anak-anak TK Khansa dapat mengenal emosi positif dan negatif, dan anak dapat memberikan contoh reaksi mengendalikan emosi sesuai dengan situasi yang dialami.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...