Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2022): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2022

PELATIHAN DIGITAL MARKETING DENGAN PEMANFAATAN APLIKASI BAGI PELAKU UMKM KABUPATEN PANGANDARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Tin Rustini (Universitas Pendidikan Indonesia)
Muh. Husen Arifin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tuti Istianti (Unknown)
Yona Wahyuningsih (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Prospek UMKM di Kabupaten Pangandaran sangat potensial. Digitalisasi UMKM menjadi salah satu langkah aktual dalam memberdayakan seluruh pelaku UMKM. Sulitnya mempromosikan produk dengan baik dan tepat menjadi kendala dan belum mampu menarik minat pembeli pada produk-produk UMKM di Kabupaten Pangandaran. Karenanya, pelaku UMKM perlu mendapatkan dorongan berbasis pelatihan yang dapat meningkatkan motivasi dan upayanya menghasilkan produk-produk berkualitas. Metode dalam pengabdian ini dilakukan dengan proses pelaksanaan berbasis tindakan dengan sosialisasi, pelatihan, praktikum, monitoring, dan evaluasi. Berdasarkan pengabdian ini, hasil yang didapatkan adalah pelaku UMKM di Kabupaten Pangandaran dapat memanfaatkan digitalisasi produknya melalui aplikasi Canva. Praktik melalui media Instagram dan marketplace bagi pelaku UMKM. Kelemahan dari digitalisasi produk UMKM ini terbatasnya budget untuk kuota internet dalam mempromosikan produk-produknya. Berdasarkan praktiknya, pelaku UMKM secara signfikan mendapatkan manfaat dan dapat dilaksanakan secara mandiri untuk menjual produk-produk secara digital.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...