Science Map Journal
Vol 3 No 1 (2021): Science Map Journal

PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE PADA KONSEP LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 6 MALUKU TENGAH

Harlia Harlia (Universitas Pattimura)
Abraham Mariwy (Universitas Pattimura)
F Al Hamid (Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah proses ppembelajaran dengan menerapkan metode drill and practice pada konsep larutan penyangga unntuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Maluku Tengah. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas Xi ipa1 yang terdiri dari 23 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukaan, selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode drill and practice sebagian besar peserta didik telah memenuhi nilai KKM (68). Dengan nilai tes akhir terdapat 18 peserta didik (78%) yang dikategorikanm tuntas. Terdapat 5 peserta didik (22%) yang dikategorikam tidak tuntas dalam memenuhi nilai KKM (68). Adapun nilai pencapaian N-gain yaitu terdapat 14 peserta didik (60,86%) dikategorikan tinggi dan 9 (39,13%) dikategorikan sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan setelah diterapkan metode drill and practice terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sciencemap

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

Science Map Journal (Scie Map J) merupakan peer-review journal yang diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan November oleh Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, Ambon. Scie Map J menerbitkan artikel ...