Jurnal Abdidas
Vol. 3 No. 3 (2022): June, Pages 355-611

Implementasi Protokol High Intensity Interval Training (HIIT) Spesifik Olahraga Pencak Silat Sebagai Metode Latihan Meningkatkan Performa Fisik Atlet

Nur Subekti (Pendidikan Olahraga, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Anugrah Nur Warthadi (Pendidikan Olahraga, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2022

Abstract

Tujuan khusus dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengimplementasikan hasil penelitian terkait protokol High Intensity Interval Training (HIIT) spesifik olahraga pencak silat sebagai alternatif latihan yang terbukti dapat meningkatkan performa fisik atlet kategori tanding. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan bekerjasama dengan Pimpinan Daerah Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) 05 Kota Surakarta, melibatkan 30 pelatih muda tingkat kader direkomendasikan sebagai peserta. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah penyampaian informasi materi teori dan praktek lapangan dalam bentuk pelatihan pelatih muda dan kader TSPM. Hasil dari kegiatan pengabdian ini meliputi; (1) meningkatnya pengetahuan ilmu kepelatihan dasar para peserta; (2) meningkatnya pemahaman para peserta terkait metode interval training; (3) peserta memiliki wawasan dan keterampilan dalam penerapan protokol HIIT berbasis tuntutan gerak waktu pertandingan pencak silat kategori tanding. Hasil tersebut dapat dijadikan pedoman bagi para pelatih muda tingkat kader TSPM, dalam menyusun program latihan yang lebih spesifik dan relevan diterapkan pada atlet pencak silat kategori tanding. pemahaman terkait protokol HIIT dapat dijadikan alternatif latihan untuk meningkatkan performa fisik atlet yang disesuaikan dengan kebutuhan fisik pertandingan pencak silat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...