DWIJENAGRO: JURNAL ILMIAH
Vol 12 No 1 (2022): dwijenAGRO

PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN WARUNG BEBEK D’UMA DI DENPASAR

Anak Agung Ngurah Oka Suryadinatha Gorda (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Nasional)
Ni Ketut Karyati (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Dwijendra)
Ni Wayan Suryathi (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Nasional)
Anak Agung Ayu Rai Wahyuni (Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana Denpasar)
I Putu Anantakarna Dananjaya (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Nasional)



Article Info

Publish Date
04 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitaif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Warung Bebek D’uma dan sampel yang digunakan sebanyak 75 orang. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Anaisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Deaterminasi, Uji F dan Uji t. Dari hasil penelitian diperoleh hasil: (1) Harga memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap Keputusan pembelian, dimana diperoleh nilai koefisien t sebesar 3,642, nilai koefisien regresi sebesar 0,233 dan signifikansi sebesar 0,001, (2) Promosi memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan pembelian, diperoleh nilai koefisien t sebesar 3,702, nilai koefisien regresi sebesar 0,213 dan signifikansi sebesar 0,000. (3) Lokasi memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan pembelian, diperoleh nilai koefisien t sebesar 2,205, nilai koefisien regresi sebesar 0,135 dan signifikansi sebesar 0,031, dan (4) harga, promosi dan lokasi secara bersama - sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, dimana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Saran dalam penelitian ini adalah Warung Bebek D’uma hendaknya selalu membuat kebijakan harga yang sesuai dengan kualitas yang ditawarkan, membuat papan nama yang mudah dillihat oleh konsumen, serta Warung Bebek D’uma selalu aktif melakukan promosi di media sosial agar nantinya lebih dikenal oleh banyak konsumen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dwijenagro

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal dwijenAGRO memuat ringkasan hasil penelitian, ulasan (review) mengenai perkembangan topik teoritik Ilmu Pertanian (Agribisnis) dan artikel ilmiah. Jurnal diterbitkan secara berkala (Mei & November) oleh Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas ...