JURNAL PENDIDIKAN SAINS SOSIAL DAN AGAMA
Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama

Aktualisasi nilai-nilai kearifan lokal suku sasak (tradisi Banjar) sebagai penguat integritas bangsa

Sahabudin Sahabudin (Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu)
Suandi Suandi (Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu)
Marazaenal Adipta (Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses aktualisasi nilai-nilai kearifan lokal suku sasak (tradisi banjar) dan nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi banjar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Gapura Kecamatan Pujut. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Sementara untuk teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses aktualisasi nilai-nilai kearifan lokal suku sasak (tradisi banjar) dilakukan secara nonformal artinya dilakukan secara langsung melalui pengenalan dilapangan berupa praktek keikutsertaan dalam banjar yang diberlakukan oleh masyarakat desa tersebut. Baik itu keterlibatan langsung orang tua atau anak dari salah satu keluarga yang ada di masyarakat desa tersebut. Dalam hal ini pengenalan terhadap konsep banjar oleh orang tua terhadap anak-anak dilakukan secara sengaja ataupun tanpa disadari sudah memberikan pemahaman ataupun penanaman nilai-nilai yang terkadung dalam tradisi banjar yang ada, 2) Nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi banjar diantaranya nilai sosial, nilai ekonomi dan nilai gotong-royong. Dari ketiga nilai tersebut mampu memperkuat integritas bangsa melalui proses praktek langsung dari tradisi banjar itu sendiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PSSA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing research articles focusses on: 1. Teaching method 2. Instructional methods 3. Instructional strategy 4. Instructional materials development 5. Experiment, ...