Medfarm: Jurnal Farmasi dan Kesehatan
Vol 11 No 1 (2022): MEDFARM: Jurnal Farmasi dan Kesehatan

PENGARUH VARIASI KONSENTRASI CMC-Na SEBAGAI VISCOSITY AGENT TERHADAP SIFAT FISIK SHEET MASK GEL EKSTRAK DAUN BIDARA (Ziziphus spina-christi L.)

MIKHANIA CHRISTININGTYAS ERYANI (AKADEMI FARMASI JEMBER)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi CMC-Na terhadap sifat fisik sheet mask gel ekstrak daun bidara (Ziziphus spina-christi L.). Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental one shot case study. Bahan pembawa yang digunakan dalam penelitian ini adalah CMC-Na dengan konsentrasi yang berbeda F1 (0,5%), F2 (0,75%), F3 (1%). Bahan aktif yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekstrak daun bidara sebagai antioksidan. Pengujian sifat fisik yang dilakukan adalah uji organoleptik, homogenitas, pH, dan viskositas. Hasil uji organoleptis menunjukkan bahwa F1 memiliki warna hitam, bentuk agak kental dan berbau mawar. F2 memiliki warna hijau bentuk agak kental dan berbau mawar. F3 memiliki warna hijau, bentuk kental dan berbau mawar. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa F1, F2, F3 homogen. Hasil uji pH didapatkan data pH F1 sebesar 5,5 ± 0,1, F2 sebesar 6,233 ± 0,115, dan F3 sebesar 6,336 ± 0,152. Hasil uji statistik pH menggunakan one way anova, menunjukkan bahwa pH pada ketiga formula berbeda bermakna. Hasil uji viskositas didapatkan data F1 sebesar 140 ± 17,320 cps, F2 sebesar 270 ± 0 cps, dan F3 sebesar 650 ± 10 cps. Uji statistik viskositas menggunakan Kruskall Wallis test menunjukkan bahwa viskositas pada ketiga formula berbeda bermakna.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

medfarm

Publisher

Subject

Chemistry Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal MEDFARM merupakan terbitan dari lembaga jurnal dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Akademi Analis Farmasi dan Makanan Sunan Giri Ponorogo. Topik atau pembahasan dari Jurnal MEDFARM lebih terfokus pada bidang Farmasi, Obat Tradisional, Makanan, Minuman dan ...