Jurnal Studi Sosial Program Pascasarjana P-IPS
Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Studi Sosial

PENDEKATAN VALUE CLARIVICATION TECHNIQUE SEBAGAI UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN

Rahmi Fitrina (Unknown)
Sudjarwo Sudjarwo (Unknown)
Raden Gunawan Sudarmanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2014

Abstract

This research aims to describe the efforts to instill the values of entrepreneurship  using the approach of Value Clarification Technique and to describe increase in the entrepreneurial learning outcome using the approach Value Clarification Technique. The method used in this study is classroom action research, which consists of three cycles include planning, implementation, and reflection. Data collection techniques used tests  to asses cognitive aspect and observation to aspect entrepreneurial values. The research result showed that there was an increase on: (1) students values of entrepreneurship, the indicator reached the third cycle; (2) student learning result. The second cycle of the indicator has been reached and third cycles of increasing and has reached  ≥75%.Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan upaya menanamkan nilai-nilai kewirausahaan dengan menggunakan pendekatan Value Clarification Technique dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kewirausahaan dengan menggunakan pendekatan Value Clarification Technique. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk menilai aspek kognitif dan observasi untuk aspek afektif nilai-nilai kewirausahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada: (1) nilai-nilai kewirausahaan siswa, indikator tercapai pada siklus ketiga; (2) hasil belajar siswa siklus kedua indikatornya sudah tercapai selanjutnya siklus tiga semakin meningkat dan  mencapai ≥75%.Kata kunci : kewirausahaan, nilai-nilai, value clarification technique

Copyrights © 2014