AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Vol 3 No 1 (2022): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education

Kontribusi PLK Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang

Zikri Fauzi (Jurusan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Padang)
Wawan Purwanto (Jurusan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Padang)
R. Chandra (Jurusan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Padang)
Ahmad Arif (Jurusan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Padang)
Hendra Dani Saputra (Jurusan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

This study aims to determine how the effect of the implementation of Educational Field Practices (PLK) on readiness to become professional teachers. This research is included in quantitative research because this research uses a lot of numbers, starting from data collection, interpretation of the data, and the appearance of the results of this study which are manifested in numbers. The research was conducted in the Automotive Engineering Department, State University of Padang, with a population of 109 students of Automotive Engineering Education. The results showed that the correlation coefficient value (Rxy) was 0.935 and the determination coefficient value (R2xy) was 0.874 This indicates that there is a positive influence between Educational Field Practices and Readiness to Become Professional Teachers, which means that the longer Educational Field Practices are carried out. students, the higher the Readiness to Become a Professional Teacher. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelaksanaan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) terhadap kesiapan menjadi guru porfesional. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif karena penelitian ini banyak menggunakan angka-angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasil penelitian ini diwujudkan dalam angka. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang dengan Populasi penelitian sebanyak 109 mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (Rxy) sebesar 0,935 dan nilai koefisien determinasi (R2x,y) sebesar 0,874 Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Praktik Lapangan Kependidikan dengan Kesiapan Menjadi Guru Profesional yang berarti bahwa semakin lama Praktik Lapangan Kependidikan yang dilakukan mahasiswa maka akan semakin tinggi Kesiapan Menjadi Guru Profesional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aeej

Publisher

Subject

Automotive Engineering Control & Systems Engineering Education Energy Transportation

Description

Focus and Scope Fokus dari AEEJ adalah untuk menjadi sebuah sarana publikasi artikel-artikel ilmiah dari kajian bidang Teknik Otomotif secara praktis dan teoritis. Scope dari AEEJ yakni pada kajian teknik otomotif dan pendidikan kejuruan teknik otomotif yang secara rinci dipaparkan berikut ini. ...