cover
Contact Name
M. Yasep Setiawan
Contact Email
m.yasepsetiawan@ft.unp.ac.id
Phone
+6281374866887
Journal Mail Official
aeej@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Workshop Jurusan Teknik Otomotif UNP, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang Kampus UNP Air Tawar
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
ISSN : 2722404X     EISSN : 27224031     DOI : https://doi.org/10.24036/aeej.v1i1.1
Focus and Scope Fokus dari AEEJ adalah untuk menjadi sebuah sarana publikasi artikel-artikel ilmiah dari kajian bidang Teknik Otomotif secara praktis dan teoritis. Scope dari AEEJ yakni pada kajian teknik otomotif dan pendidikan kejuruan teknik otomotif yang secara rinci dipaparkan berikut ini. Teknik Otomotif Yang termasuk dalam lingkup kajian Teknik Otomotif ini adalah : 1. Teknologi pada kendaraan ringan 2. Teknologi alat berat 3. Manajemen Bengkel Otomotif 4. Teknik body dan pengecatan 5. Teknologi bahan bakar 6. Sistem kontrol elektronik otomotif 7. Kajian lain yang masih memiliki kaitan dengan otomotif Pendidikan Kejuruan Teknik Otomotif Yang termasuk dalam lingkup kajian Pendidikan Kejuruan Teknik Otomotif ini adalah : 1. Media pembelajaran 2. Evaluasi pembelajaran 3. Penelitian tindakan kelas 4. Pembelajaran jarak jauh 5. Kajian lain yang masih memiliki kaitan dengan pendidikan kejuruan otomotif
Articles 46 Documents
Pemanfaatan Bioetanol Limbah Kelapa Muda dan Pengaruhnya Terhadap Emisi Sepeda Motor Empat Langkah Injeksi Sugiartono Sugiartono; Wagino Wagino; Darul Afdal; Retno Wahyudi
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 1 No 1 (2020): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v1i1.1

Abstract

This article discusses the use of Pertamax fuel and young coconut bioethanol with mixed variations (BE5, BE10, BE15, BE20) on injection step motorcycle exhaust emissions. The methodology used in this study is the post test only design control, one of the research in qualitative research. The research data is primary data, obtained directly on the gas analyzer during the trial. All data is then collected, looking for average test results, described and closed with a different test (t test). Based on the data obtained at the time of testing there was a decrease in CO and HC gas levels with each additional amount of young coconut ethanol in Pertamax fuel. The results of the difference analysis test (t test) are not significant, t arithmetic <t table which means accepted and rejected. Can reduce the use of young coconut bioethanol mixture has variations in CO and HC emission reduction, but the reduction rate is not significant Artikel ini bertujuan untuk membahas pengaruh penggunaan bahan bakar pertamax dan bioetanol kelapa muda dengan variasi campuran (BE5, BE10, BE15, BE20) terhadap emisi gas buang sepeda motor empat langkah injeksi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah post test only control desain, salah sau pendekatan riset dalam penelitian kualitatif. Data penelitian merupakan data primer, didapatkan secara langsung pada alat gas analizer pada saat uji emisi. Seluruh data kemudian dihimpun, di cari rata-rata hasil pengujian, di deskripsikan serta ditutup dengan uji beda (uji t). Berdasarkan data yang didapatkan pada saat pengujian terjadi penurunan kadar gas CO dan HC pada setiap peningkatan jumlah campuran bioetanol kelapa muda pada bahan bakar pertamax. Hasil dari analisis uji beda (t test) pengaruh penambahan campuran tidak signifikan, t hitung < t tabel yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan penggunaan campuran bioetanol kelapa muda memiliki pengaruh penurunan kadar emisi gas CO dan HC, tetapi angka penurunan tidak signifikan.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 1 Padang Nurhidayani Nurhidayani; Wakhinuddin Simatupang
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 1 No 1 (2020): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v1i1.2

Abstract

The purpose of this study was to determine whether the use of cooperative learning model Assisted Individualuization Teams (TAI) can improve student learning outcomes on the subjects of class X Pictures of Automotive Engineering Department of Automotive Light Vehicle SMK Negeri 1 Padang. This type of research is the study design Quasi Experiment, Experiment Quasi design used is Nonequivalent Control Group Design. Overall that experimental class is better than the control class with a percentage of 5.2% influence. Thus it can be concluded that there is the effect of the use of TAI learning model to increase the results of class X student on subjects Picture of Automotive Engineering at SMK Negeri 1 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualuization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan desain Quasi Experiment, desain Quasi Experiment yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Secara keseluruhan diperoleh hasil bahwa kelas ekperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dengan persentase pengaruh sebesar 5,2%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran TAI terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Padang.
Optimasi Electromagnetic Regenerative Shock Absorber (ERSA) Tipe Magnet Batang Alnico pada Suspensi Belakang Multi Purpose Vehicle (MPV) Andri Fadhil; Hasan Maksum; Wanda Afnison
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 1 No 1 (2020): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v1i1.3

Abstract

This study aims to optimize the electrical energy generation generated by the Electromagnetic Regenerative Shock Absorber (ERSA) type of alnico bar magnet on the rear suspension Multi Purpose Vehicle. This study uses the Taguchi Experiment method by varying the number of copper windings (1000, 1500, 2000 turns), wire diameter (0.2 mm, 0.3 mm, 0.4 mm) and large air gap (2 mm, 3 mm, 4 mm). The results showed the highest electrical voltage generation of 1.68V in 2000 wire coil variants, 0.4 mm wire diameter and 4 mm air gap. while the lowest voltage generated electricity is 0.9V on 1000 wire coil variants, 0,2 mm diameter diameter and 2 mm air gap. That is, an increase in the voltage generated by using the Taguchi Experiment method from previous studies which produced a voltage of 121-131mV. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan energi listrik bangkitan yang dihasilkan oleh Elektromagnetik Regenerstif Shok Absorber (ERSA) tipe magnet batang alnico pada suspensi belakang Multi Purpose Vehicle. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen Taguchi dengan memvariasikan jumlah lilitan tembaga (1000, 1500, 2000 lilitaan), diameter kawat (0,2 mm, 0,3 mm, 0,4 mm) dan besar celah udara (2 mm, 3 mm, 4 mm). Hasil penelitian didapatkan tegangan listrik bangkitan paling tinggi sebesar 1,68V pada varian lilitan kawat 2000, diameter kawat 0,4 mm dan celah udara 4 mm. sedangkan tegangan listrik bangkitan paling rendah sebesar 0,9V pada varian lilitan kawat 1000, diameter kawar 0,2 mm, dan celah udara 2 mm. Artinya, terjadi peningkatan tegangan yang dihasilkan dengan menggunakan metode Eksperimen Taguchi dari penelitian sebelumnya yang menghasilkan tegangan sebesar 121-131mV.
Analisis Variasi Penggunaan Busi pada Sepeda Motor Yamaha Vixion Tahun 2015 Terhadap Daya, Torsi dan Emisi Gas Buang Adriansyah Prasetiyo; Rifdarmon Rifdarmon
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 1 No 1 (2020): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v1i1.4

Abstract

This study aims to determine the effect of the use of variations of spark plugs on power, torque and exhaust emissions produced by Yamaha Vixion motorcycles in 2015. This study uses an experimental method with three variations of spark plugs. The results of research on nickel spark plugs obtained a maximum power of 12.7 Kw, a maximum torque of 11.14 N.m and exhaust gas emissions with CO levels of 4.24%, CO2 9.03%, HC 1214ppm. In platinum spark plugs there is an increase in power of 1.55%, torque of 0.89% torque and exhaust emissions with levels of 5.18% CO, 9.2% CO2, HC 1134ppm. Furthermore, iridium spark plugs have an increase in power of 4.5%, a torque of 3.47% and exhaust gas emissions with CO levels of 5.27%, CO2 9.6%, HC 1293ppm. That is, there is an influence from the use of variations of spark plugs on power, torque and exhaust emissions on Yamaha Vixion motorcycles in 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi busi terhadap daya, torsi dan emisi gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor Yamaha Vixion tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tiga variasi busi. Hasil penelitian pada busi nikel didapatkan daya maksimal sebesar 12,7Kw, torsi maksimal sebesar 11,14 N.m dan emisi gas buang dengan kadar CO 4,24%, CO2 9,03%, HC 1214ppm. Pada busi platinum terdapat peningkatan daya sebesar 1,55%, torsi torsi 0,89% dan emisi gas buang dengan kadar CO 5,18%, CO2 9,2%, HC 1134ppm. Selanjutnya, pada busi iridium terdapat peningkatan daya sebesar 4,5%, torsi sebesar 3,47% dan emisi gas buang dengan kadar CO 5,27%, CO2 9,6%, HC 1293ppm. Artinya, terdapat pengaruh dari penggunaan variasi busi terhadap daya, torsi dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Vixion tahun 2015.
Rancang Bangun Rpm-Meter Sepeda Motor Injeksi dengan Sensor Induksi Andri Septiandes; Remon Lapisa; Dwi Sudarno Putra
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 1 No 1 (2020): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v1i1.6

Abstract

This research is about design of RPM meter. The purpose of this design research is to explain the process of designing and manufacturing and testing RPM meter with Arduino Uno microcontroller and as a refinement of the previous tool which has been found but still using cable to connecting on the object . In addition, this study also serves as a solution to the problems that researchers find in the field regarding the ineffective measuring process. This type of research is level 3 research, researchers research and test to develop existing products. The object of this research is injection motorcycle. Based on the research, it can be concluded that after doing measurements at idle rotation up to 8000 RPM which are carried out in stages and tested as 5 times the testing phase, so that the percentage error is worth 1.6% and the accuracy is 98.4%. Penelitian ini membahas tentang rancang bangun RPM. Tujuan penelitian rancang bangun ini adalah menjelaskan proses perancangan dan pembuatan serta menguji RPM meter dengan mikrokontroler Arduino Uno dan sebagai penyempurnaan dari alat sebelumnya yang sudah ditemukan namun masih menggunakan kabel untuk menghubungkan ke objek ukur. Selain itu penelitian ini berfungsi sebagai solusi atas permasalahan yang peneliti temukan dilapangan mengenai proses ukur yang kurang efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan level 3, peneliti meneliti dan menguji untuk mengembangkan produk yang telah ada. Objek penelitian ini adalah sepeda motor injeksi. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa setelah melakukan penggukuran dari putaran idle sampai pada putaran 8000 RPM yang dilakukan secara bertahap-tahap dan diuji sebanyak 5 kali pengujian pertahapnya,sehingga di dapatlah nilai persentase erornya senilai 1.6% dan nilai akurasinya sebesar 98.4 %.
Pembuatan dan Pengujian Trainer Aliran Bahan Bakar Sistem Injeksi pada Sepeda Motor Honda Beat FI Hamid Nasrullah; Agung Pambudi
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 1 No 1 (2020): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v1i1.7

Abstract

The purpose of this study is to facilitate the understanding of students in the implementation of the practice of motorcycle technology courses. The research method used is a qualitative method. Retrieval of data includes observation, study of literature and documentation. To strengthen the results of the study are complemented by test results that have close relevance to the subject matter. Based on the test results that have been achieved from the whole process of making and testing the injection system fuel flow trainer on a Honda beat fi motorcycle, it shows that all components of the trainer can function properly and can be used as an effective learning media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan pemahaman mahasiswa dalam pelaksanaan praktik mata kuliah teknologi sepeda motor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengambilan data meliputi observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Untuk memperkuat hasil penelitian dilengkapi dengan hasil pengujian yang yang memiliki relevansi yang erat dengan pokok permasalahan. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dicapai dari keseluruhan proses pembuatan dan pengujian trainer aliran bahan bakar sistem injeksi pada sepeda motor honda beat fi menunjukkan semua komponen pada trainer dapat berfungsi dengan baik dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif.
Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Sumatera Barat Muhammad Naufal; Martias Martias
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 1 No 2 (2020): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v1i2.9

Abstract

This research aims to investigate the students' perception of class XI towards implementing the 2013 Curriculum at Light Vehicle Engineering Competence in SMK Negeri 1 Sumatera Barat. The type of this research is quantitative descriptive. Based on the results that have been analyzed, it can be concluded that the perception of Class XI students towards the implementation of the 2013 Curriculum at Light Vehicle Engineering Competency in SMK Negeri 1 Sumatera Barat is in the well-implemented category (65.38%). It is categorized into six indicators; Learning Model in the well-implemented category (65.38); Core Competencies in the well-implemented category (50.00%); Scientific approach in the well-implemented category (59.62%); Class organizing in the very well implemented category (67.31%); The use of infrastructure in the well-implemented category(67.31%); Evaluating in the well-implemented category (32.69%). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa kelas XI terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa Kelas XI terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat berada pada kategori terlaksana baik (65.38%), dijabarkan dalam 6 indikator yaitu Model Pembelajaran pada kategori terlaksana baik (65.38%); Kompetensi Inti pada kategori terlaksana baik (50.00%); Pendekatan Saintifik pada kategori terlaksana baik (59.62%); Pengorganisasian Kelas pada kategori terlaksana sangat baik (67.31%); Penggunaan Sarana Prasarana pada kategori terlaksana baik (51.92%); Penilaian pada kategori terlaksana baik (32.69%).
Analisis Perbandingan Kekerasan Beberapa Merk Katup Sepeda Motor Matic Arif Rahmat Ali; Hasan Maksum; Donny Fernandez
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 1 No 2 (2020): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v1i2.11

Abstract

This article discusses a comparison of the hardness of several valve brands for automatic motorbikes. This research used comparative study method. The motorbike used was the Honda VARIO 110 cc motorcycle. Meanwhile, the valves used and compared are Honda Genuine Parts and several brands of aftermarket valves. The results showed that the hardest intake valve head was the Genuine Valve with 61.7 HRA and the hardest exhaust valve head was the NPP with 58.9 HRA. Artikel ini membahas mengenai perbandingan kekerasan beberapa merek katup untuk sepeda motor matic. Penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif. Sepeda motor yang digunakan adalah Sepeda Motor Honda VARIO 110 cc. Sementara untuk katup yang digunakan dan diperbandingkan adalah Honda Genuine Parts dan beberapa merk Katup aftermarket. Hasil penelitian menunjukkan payung katup masuk yang paling keras yaitu payung katup Original 61,7 HRA dan payung katup buang yang paling keras yaitu payung katup NPP 58,9 HRA.
Pengaruh Penambahan Bahan Bakar Pirolisis Plastik Terhadap Daya dan Torsi pada Sepeda Motor Injeksi 108 cc Beni Giovani; Remon Lapisa
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 1 No 2 (2020): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v1i2.14

Abstract

This study aims to determine the effect of the fuel mixture pertalite and pyrolysis fuel on the power and torque of the 108cc injection motorbike. This study used an experimental method with mixed variations (PE5%, PE10%, PE15%, PE20%). The object of this research was the Honda Beat eSP 108cc 2015. The characteristics of the density of the pyrolysis fuel were 0.72 kg/liter which was equivalent to gasoline fuel. Based on the results of the study, there was an increase in power and torque in the various mixtures of PE5%, PE10%, PE15% and PE20%. In the PE20% fuel mixture, power and torque decreased slightly with the previous mixture but were still above PE5%. From the comparison of the mixed variations that have been carried out on injection motorbikes, there is an influence on power and torque. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh campuran bahan bakar pertalite dengan bahan bakar pirolisis terhadap daya dan torsi sepeda motor injeksi 108cc. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan variasi campuran (PE5%, PE10%, PE15%, PE20%). Objek penelitian ini adalah sepeda motor Honda Beat eSP 108cc tahun 2015. Karakteristik densitas bahan bakar pirolisis yang di lakukan sebesar 0,72 kg/l yang setara dengan bahan bakar bensin. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terjadi peningkatan daya dan torsi di variasi campuran PE5%, PE10%, PE15% dan PE20%. Pada campuran bahan bakar PE20%, daya dan torsi mengalami penurunan sedikit dengan campuran sebelumnya tetapi masih diatas PE5%. Dari perbandingan variasi campuran yang telah dilakukan pada sepeda motor injeksi terdapat pengaruh terhadap daya dan torsi.
Analisis Pemanfaatan Panas Mesin Kendaraan Menjadi Sumber Energi Listrik Pada Kendaraan Bermotor Dengan Menggunakan Efek Seeback Pada Thermoelektrik Generator Syafrianto Syafrianto; Remon Lapisa
AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education Vol 2 No 1 (2021): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/aeej.v2i1.20

Abstract

This study discusses the analysis of the heat utilization of vehicle engines into electrical energy using the seeback effect on the thermoelectric generator. This type of research is a level 3 development research with several stages, namely: potential and problems, product design, system validation, design revision, product manufacturing, testing product trials, product revisions, usage trials, product revisions. Based on the research conducted, several things can be concluded, namely. First, the use of the level 3 development research method can be applied in research on analyzing the use of vehicle engine heat into electrical energy using the seeback effect on the thermoelectric generator. Second, when testing the thermoelectric generator, it is carried out 2 times, so that the electrical energy is obtained from a temperature difference of 70.1 ° C of 2.98 volts. Penelitian ini membahas mengenai analisis pemanfaatan panas mesin kendaraan menjadi energi listrik dengan menggunakan efek seeback pada thermoelektrik generator. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan level 3 dengan beberapa tahap, yakni: potensi dan masalah, desain produk, validasi sistem, ,revisi desain, pembuatan produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk.Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu. Pertama penggunaan metode penelitian pengembangan level 3 dapat diterapkan dalam penelitian analisis pemanfaatan panas mesin kendaraan menjadi energi listrik dengan menggunakan efek seeback pada thermoelektrik generator. Kedua pada saat melakukan pengujian terhadap thermoelektrik generator dilakukan sebanyak 2 kali, sehingga didapatkanlah energi listrik yang dihasilkan dari perbedaan temperatur 70.1 °C sebesar 2,98 Volt.