Tarikhuna: Journal of History and History Education
Vol 4, No 1 (2022)

Kendala-Kendala Guru Sejarah dalam Penerapan Model Blended Learning di SMA Swasta se-Kecamatan Cimanggis Kota Depok

Rani Noviyanti (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengubah paradigma kehidupan manusia. Pandemi juga mengubah cara belajar di sekolah yang awalnya hanya menggunakan metode konvensional menjadi digital. Perpaduan antara pembelajaran digital dan konvensional adalah definisi dari blended learning. Dalam pelaksanaan pembelajaran campuran ada beberapa kendala yang dialami oleh guru selama proses pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat implementasi dan implementasi blended learning, termasuk kendala yang dihadapi dan solusi yang diberikan oleh pihak sekolah dan guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tahapan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus kajian penelitian ini adalah penerapan model blended learning pada guru sejarah SMA swasta di Kota Depok. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman guru sejarah tentang pembelajaran campuran sudah baik, namun masih terdapat beberapa kendala dalam menerapkan model pembelajaran ini yang umumnya dihadapi oleh guru dan siswa. Berbagai pihak memiliki cara tersendiri untuk menyelesaikan masalah ini dengan berbagai strategi dan antisipasinya masing-masing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tarikhuna

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Tarikhuna: Journal of History and History Education (THJE) is an academic journal of studies in history education and Indonesian history. It is published biannually (May & November) by the Departement of Social Science Education, Imam Bonjol State Islamic University. Tarikhuna aims to provide ...