Objectives of the research are to measure satisfactory level: 1) the customersââ¬â¢ of Language Centerââ¬â¢s administrative service, 2) the customersââ¬â¢ satisfactory level of Language Centerââ¬â¢s academic service, 3) customersââ¬â¢ satisfactory level of Language Centerââ¬â¢s facility service. This impact oriented evaluation was applied at Language Center University of Lampung. Instrument for collecting the data are observation and questionnaire and subsequently àanalyzed by descriptive statistics. The result of this research are : 1) customersââ¬â¢ satisfactory level of Language Centerââ¬â¢s administrative service reached 48,59 % (notàsatisfying), 2) customersââ¬â¢ satisfactory level of Language Centerââ¬â¢s academic service reached 47,89 % (notàsatisfying), 3) customersââ¬â¢ satisfactory level of Language Centerââ¬â¢s facility service reached 48,20 % (notàsatisfying).Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan: 1) pengguna pusat bahasa terhadap layanan administrasi Pusat Bahasa, 2) pengguna pusat bahasa terhadap layanan akademik Pusat Bahasa, 3) pengguna pusat bahasa terhadap layanan sarana prasarana Pusat Bahasa. Penelitian dengan metode evaluasi berorientasi dampak, dilaksanakan di Pusat Bahasa Universitas Lampung. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket kemudian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kepuasan pengguna Pusat Bahasa Universitas Lampung untuk layanan administrasi mencapai 48,59 % (tidakàmemuaskan), 2) Kepuasan pengguna pusat bahasa untuk layanan akademik atau pelatihan mencapai 47,89 % (tidak memuaskan), 3) Kepuasan pengguna pusat bahasa untuk layanan sarana prasarana 48,20 % (tidak memuaskan).Kata kunci : administrasi, akademik, evaluasi
Copyrights © 2014