Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Vol. 3 No. 2 (2022): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia

Pelatihan Sosial Media Facebook Ads dan Instagram For Business Dalam Meningkatkan Penjualan

Rendra Trisyanto Surya (Politeknik Negeri Bandung)
Etti Ernita Sembiring (Politeknik Negeri Bandung)
Sudjana Sudjana (Politeknik Negeri Bandung)
Fatmi Hadiani (Politeknik Negeri Bandung)
Endang Hatma Juniwati (Politeknik Negeri Bandung)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Munculnya “Cimahi Mall”, awalnya karena tumbuhnya kebutuhan masyarakat ekonomi kelas menengah dan bawah di Kota Cimahi terhadap baju-baju Fashion yang semakin trendi dan beragam, namun dengan harga yang terjangkau (murah). Sewa toko yang relative murah menyebabkan mayoritas toko di mal ini masuk dalam kategori Usaha Mikro, dengan rata-rata omset sekitar Rp 30 juta sebulan. Namun, maraknya bisnis toko online menyebabkan sebagian besar toko tenan ini mengalami penurunan omset penjualan yang cukup serius. Tim PKM POLBAN kemudian mencari solusi dengan mengadakan pelatihan dan kegiatan Pendampingan untuk meningkatkan Kasadaran (Awareness) para pelaku bisnis skala UMKM ini tentang pentingnya “Digital Business” dan memasarkan produk mereka. Dan kemudian mengajari ketrampilan penggunaan Facebook dan Instagram untuk promosi secara online, agar penjualan mereka kembali normal. Hasil dari Pelatihan dua kali ini, menunjukkan adanya peningkatan penjualan, yaitu sebesar 28% saat mulai menggunakan Facebook Ads.Terjadi juga peningkatan yang cukup signifikan setelah menggunakan fitur “Instagram for Business”. Namun, peningkatan penjualan ini tidak merata. Ada “gap” yang cukup besar di setiap tenan toko yang mengikuti Pelatihan. Salah satu faktor penyebab adalah, adanya perbedaan generasi dalan motivasi didalam memanfaatkan HP dan Sosesial Media. Peserta yang berusia di bawah 30 tahun (Generasi Milenial) cenderung lebih aktif dan berani dalam memanfaatkan HP mereka untuk melakukan promosi produk secara online. Tidak terbebani secara psikologis terhadap IT Literacy dan gaya komunikasi spontan konsumen internet. Sebaliknya, peserta yang berusia diatas 40 tahun, terlihat gamang dan ragu-ragu dalam memulai kegiatan promosi menggunakan Sosial Media.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Glosains

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Glosains adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Glosains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu Multidisiplin. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang ...