cover
Contact Name
Royyan Hafizi
Contact Email
publikasigreenvest@gmail.com
Phone
+6285960430213
Journal Mail Official
Jurnalglosains@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Kaliwadas Permai Blok G20, Kaliwadas, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
ISSN : 27984125     EISSN : 27984311     DOI : 10.36418
Jurnal Glosains adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Glosains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu Multidisiplin. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.
Articles 37 Documents
Tinjauan Yuridis Potensi Pajak Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah Muktar Muktar
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 1 No. 1 (2020): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/glosains.v1i1.30

Abstract

Diberlakukannya Undang-Undang otonomi daerah memberikan kewenangan penyelenggaraan pada Pemerintah Daerah yang lebih luas, nyata, dan bertanggungjawab. Masalah yang diidentifikasi adalah: 1) Seberapa besar potensi Pajak Daerah, khususnya Pajak Restoran di Kabupaten Cirebon terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD); 2) Bagaimana mekanisme Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah dalam pemungutan Pajak Restoran di Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan analisi kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan jurnal mengemukakan simpulan: 1) Potensi Pajak Daerah, khususnya Pajak Restoran di Kabupaten Cirebon sangat potensial sekali, namun belum tergali secara maksima. 2) Mekanisme Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah dalam pemungutan Pajak Restoran di Kabupaten Cirebon yang dilaksanakan oleh Sub Bidang Pajak Restoran dan Pajak Hiburan dilakukan secara konvensional belum secara online, sehingga PAD dari sektor Pajak Restoran ini masih relatif rendah sekali, disamping kesadaran wajib pajak untuk memenuhi kewajiban pembayarannya secara tepat waktu serta pemahaman terhadap ketentuan pemberlakukan pajak, masih perlu terus ditingkatkan.
Kontribusi Dukungan Orang Tua Terhadap Proses Belajar Anak di Masa Pandemi Rahma Irlian.Msc; Minarsi Minarsi
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 1 No. 2 (2020): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/glosains.v1i2.29

Abstract

Kontribusi dukungan orang tua terhadap proses belajar anak SD.N 54 KAUR Desa datar lebar 2 kecamatan lungkang kule kabupaten kaur Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Kontribusi dukungan orang tua terhadap proses belajar anak di masa pandemic di SD N 54 Kaur Desa Datar Lebar 2 Kecamatan Lungkang Kule Kabupaten Kaur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh. Populasi orang tua siswa kelas VI SD N 54 Kaur berjumlah 55 orang tua. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan proportional Stratified Random Sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak berdasarkan tingkatan kelas. Pengambilan sampel ini mengunakan rumus solvin dengan taraf kesalahan 10 % adapun jumlah sampel yang diambil yaitu 22 orang. Data yang di peroleh mengunakan angket model skala likert, kemudian penyebaran angket dilakukan secara langsung, dengan hasil terdapat 6 responden (27,2%) memberikan dukungan dengan baik terdapat 8 responden ( 36,4%) memberikan dukungan yang cukup baik, dan terdapat 8 responden (36%,4) kurang memberikan dukungan terhadap anak nya. Terdapat 11 responden ( 50%) dengan pola belajar baik, kemudian terdapat 6 responden ( 27,3%) dengan pola belajar yang kurang. Hasil uji statistic diperoleh nilai p_ value = 0,041 yang berarti p_ value <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak atau berarti bahwa kontribusi dukungan orang tua berpengaruh terhadap pola belajar anak di masa pandemi.
Fungsi Pancasila sebagai Perekat Persatuan Bangsa dengan Efektivitas Kegiatan Belajar di Luar Kelas Rachmadi Rachmadi
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 1 No. 2 (2020): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/glosains.v1i2.28

Abstract

Salah satu metode pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa dan sesuai dengan K13 adalah metode pembelajaran dengan outing class dengan memanfaatkan halaman sekolah sebagai lokasi pembelajaran. Metode ini mempunyai beberapa keunggulan, yaitu mendorong siswa untuk belajar lebih aktif dan ikut berperan dalam kegiatan belajar mengajar, menerapkan konsep belajar sambil berekreasi (learning by doing and refreshing), dapat menghilangkan rasa jenuh selama belajar di dalam kelas dan dapat mengembangkan kehidupan demokrasi dalam dunia pendidikan. Adapun masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai efektivitas kegiatan belajar dengan outing class (belajar di luar kelas) untuk meningkatkan hasil belajar PKN Materi mengenal fungsi pancasila sebagai perekat persatuan bangsa siswa Kelas V di SD Negeri Ajung 01 Kecamatan Kalisat Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020 pada pembelajaran PKN. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V dalam proses pembelajaran PKN Penelitian tindakan ini menggunakan 3 (tiga) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati dan merefleksi. Keempat fase tersebut merupakan suatu siklus yang digambarkan dengan sebuah spiral penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian, analisa data dan pengujian hipotesis yang telah penulis laksanakan terhadap siswa Kelas V SD Negeri Ajung 01 Kecamatan Kalisat, dapat diambil kesimpulan bahwa Pembelajaran PKN luar kelas di luar kelas atau halaman sekolah pada pembelajaran PKN mampu meningkatkan hasil belajar siswa materi mengenal fungsi pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
Perencanaan Rumah Susun pada Masa Pandemic Covid-19 dengan Meningkatkan Fasilitas dan Pola Aktifitas Masyarakat Rumah Susun Daniel Napitupulu
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 1 No. 2 (2020): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/glosains.v1i2.26

Abstract

Covid-19 membuat semua kegiatan aktifitas, pola hidup dan ekonomi bahkan perancangan dalam pembangunan mengalami perubahan yang sangat drastis. Pada saat seperti ini hal yang paling ditakuti adalah tidak diterapkannya protokol kesehatan dalam perancangan bangunan, terutama pada perancangan dan perencanaan rumah susun yang berkaitan erat dengan kebiasaan pola hidup masyarakat yang secara berkelompok dalam satu bangunan. Dalam pembangunan sangat diperlukannya survey terhadap lapangan dan mencari data literatur terkait hal-hal yang akan direncanakan, di dalam artikel ini akan membahas tentang solusi desain fasilitas perencanaan pada rumah susun dengan perubahan pola hidup masyarakat rusun tersebut. Melalui sistem perencanaan rumah susun terkait dampak Covid-19 sangat membantu dalam meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan untuk terjadi, dalam perencanaan ini juga Sangat membantu dalam sirkulasi kesehatan rumah susun dengan fasilitas yang lengkap dan siap untuk menghadapi masa pandemik yang menyerang.
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Siswa Aren Aren; Rita Aryani
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 1 No. 2 (2020): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/glosains.v1i2.25

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap pelaksanaan evaluasi pembelajaran siswa/i di SMK Korpri Kota Bekasi kelas XI Akuntansi. Jenis penelitian ini mengunakan metode kuantitatif assosiatif, dengan mengunakan penelitan asosiasi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah serluruh siswa/I kelas XI di SMK Korpri Kota Bekasi. Teknik pengabilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan analisis rergresi linear sederhana dengan alat bantuan sofwer yaitu dengan program SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjuk bahwa uji signifikansi koefisien korelasi (r xy) = 0,283 dan Fhit (f change) =12,647 dengan p-value =0,001< 0,05. Hal ini HO ditolak. Koefisien korelasi X danY adalah berarti atau signifikan. Dari hasil analisis didapat kompotensi pedagogik guru berpengaruh terhadap pelaksanaan evaluasi pembelajaran di kelas XI Akuntansi, hal ini dapat dilihat dari thit dan p-value lebih kecl dari 0,05%. Oleh sebab itu dapat di interpretasikan bahwa kompotensi pedagogik guru berpengaruh positif terhadap pelaksanaan evaluasi pembelajaran dikelas xi mata pelajaran akuntansi yaitu: R Square = 0,283 atau sebesar 28,3%.
Anaslisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Jembatan Pensil dan Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Cici Anggraini; Lisa Septia Dewi Br. Ginting
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 1 No. 2 (2020): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/glosains.v1i2.24

Abstract

Di era globalisasi ini sudah banyak terjadi kasus yang menunjukkan sangat buruknya moral generasi muda, Yaitu permasalahan pendidikan karakter. Pendidikan karakter sebaiknya diajarkan sejak dari anak mendapatkan pendidikan di sekolah dasar maupun dilingkungan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi, teknik simak dan catat. Sumber data yang digunakan juga terdiri dari sumber data primer yaitu film jembatan pensil, dan sumber data sekunder yang meliputi buku-buku, internet, maupun sumber data yang lain yang berhubungan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Berdasarkan penelitian yang ditemukan kesimpulan mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dan implementasi pembelajaran bahasa indonesia pada film jembatan pensil yaitu nilai pendidikan karakter dengan tuhan yang maha esa( Religius) , nilai pendidikan karakter dengan diri sendiri, nilai pendidikan karakter dengan sesama manusia, nilai pendidikan karakter dengan lingkungan, nilai pendidikan karakter dengan kebangsaan. Dan Implementasi pembelajaran bahasa indonesia yang ditemukan dalam film jembatan pensil ini bukan hanya tentang menulis, membaca, dan mengarang, tetapi bagaimana peserta didik mempelajari atau pun menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter.
Implementasi Kebijakan Penataan Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat Muhammad Kurniawan Kalake
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 1 No. 1 (2020): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/glosains.v1i1.23

Abstract

Penataan organisasi perangkat daerah harus sesuai dengan peraturan yang berlaku, karena bertujuan untuk mengembangkan organisasi yang lebih proposional dan transparan sehingga terbentuk organisasi yang efektif dan efisien. Pengamatan ini menggunakan metode kualitatif. Penulis mengumpulkan data dengan menggunakan teknik triangulasi data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga penulis dapat lebih memahami hasil penelitian dengan menguji keabsahan hasilnya. Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Sumedang saat ini belum sesuai dengan peraturan yang berlaku namun dilihat dari sarana prasarana dan anggaran yang dimiliki maka Kabupaten Sumedang sudah dianggap mampu dan siap untuk mengubah nomenklatur dan unir kerja sesuai dengan peraturan yang belaku. Berkaitan dengan hal tersebut, penulis memberikan saran agar Pemerintah Daerah perlu melakukan evaluasi terhadap organisasi dan tata kerja saat ini sehingga mengadakan penataan kembali yang melihat dari ruang lingkup tanggung jawabnya, kemampuan keuangannya dan sumber daya manusianya agar tercapai atau terwujudnya organisasi perangkat daerah yang efektif dan efisien sesuai peraturan yang telah ditetapkan.
Analisis Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba 9 Perusahaan Perbankan dalam Cakupan CGPI Berdasarkan BEI Rudy Budiatmaja
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 2 No. 2 (2021): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/glosains.v2i2.22

Abstract

Informasi utama yang dibutuhkan oleh investor dari sebuah perusahaan adalah laporan keuangan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran kepada para pemakai laporan keuangan, agar dapat memahami adanya praktik manajemen laba sehingga bisa lebih bijaksana dalam mengambil keputusan. Penelitian merupakan penelitian verifikatif dan deskriptif untuk menguji pengaruh variabel independent terhadap variabel dependen. Yang menjadi variabel independen adalah Corporate Governance. Variabel dependen pada penelitian ini adalah manajemen laba. Penelitian dilakukan pada Perusahaan 9 Perbankan yang masuk dalam cakupan CGPI. Yang menjadi unit analisis dalam penelitian ini adalah Skor CGPI dan Laporan tahunan (Annual Report) dari perusahaan tersebut. Hasil penelitian empiris menunjukkan bahwa Corporate Governance berpengaruh terhadap praktek manajemen laba di perusahaan yang ikut serta dalam Corporate Governance Perception Index (CGPI). Koefisien regresi CGPI sebesar 0,283 menyatakan bahwa setiap adanya peningkatan ranking CGPI akan meningkatkan praktik manajemen laba di perusahaan yang ikut serta dalam Corporate Governance Perception Index (CGPI) sebesar 28,3%.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01 Rega Sukmawati
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 2 No. 2 (2021): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/glosains.v2i2.21

Abstract

Problem based learning merupakan model pembelajaran yang mengintegraskan peserta didik dalam kelompok. Berdasarkan hasil observasi peneliti, ditemukan hasil pengamatan bahwa pembelajaran di kelas II SDN Wonorejo 01 masih berpusat pada guru karena model pembelajaran yang digunakan adalah ceramah. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran saat guru menggunakan model pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang bisa dirancang oleh guru mencakup orientasi masalah pada peserta didik, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan individu atau kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas II SDN Wonorejo 01 tahun pelajaran 2019/2020 dengan ketuntasan belajar klasikal peserta didik dari 36,67% pada pra siklus menjadi 46,67% pada siklus I dan 76,67% pada siklus II.
Pengaruh Metode Resitasi dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Bakti Ibu II Palembang Mukhlas Mukhlas
Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia Vol. 2 No. 2 (2021): Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia
Publisher : Green Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36418/glosains.v2i2.20

Abstract

Pendidikan adalah suatu kegiatan yang mempunyai pengaruh besar terhadap pembentukan intelektual manusia, baik sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial dalam beragam interaksinya. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen (Experiment Design). Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti dampak metode mengaji terhadap motivasi, motivasi terhadap hasil pembelajaran, metode mengaji terhadap hasil pembelajaran serta metode dan motivasi bacaan secara keseluruhan terhadap hasil pembelajaran. Metode analisis hipotesis yang digunakan untuk penelitian ini adalah beberapa regresi linier dan korelasi. Analisis deskriptif dirangkum bahwa berdasarkan metode pembacaan tes korelasi terhadap motivasi, diperoleh nilai sig 0.000 kurang dari 0,05 yang berarti bahwa metode pengajian memiliki dampak positif pada motivasi, tes regresi linier berlipat ganda atau hasil tes t dalam nilai sig pada 0.000<0.05 menjelaskan bahwa metode pengajian juga berdampak pada hasil pembelajaran, sementara dampak motivasi terhadap hasil studi diuji oleh kombinasi uji-t dengan nilai manggung 0.034<0.05 dan signifikansi regresi linier ganda atau pengujian F dengan nilai sig pada 0.000<0,05 yang berarti bahwa metode pengajian dan motivasi bersama-sama berdampak pada hasil penelitian, dengan persentase 57,5% dan 42,5% yang dipengaruhi oleh variabel lain.

Page 1 of 4 | Total Record : 37