Jurnal Studi Sosial Program Pascasarjana P-IPS
Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Studi Sosial

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES

Rita Yusnely Aris (Unknown)
Sudjarwo Sudjarwo (Unknown)
M. Thoha B.S Jaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2014

Abstract

This research aims to improve the activity and results of student learning in Social Studies by using the process approach skills. The methods used in this research is the Classroom Action Research consisting of three cycles, each cycle includes planning, implementation, observation and reflection. The method of data collection using a written test and observation techniques. The result of this research shows that there is an increase in: (1) learning activities of students, the indicators are achieved at the second cycle as well as on the results of three cycles the better, (2) student learning outcomes, the second cycle the indicators also have reached the next three cycles of increasing and ≥ 75%.Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan Data menggunakan tehnik observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada: (1) aktivitas belajar siswa, indikator tercapai pada siklus kedua begitupun pada siklus tiga hasilnya semakin baik,  (2) hasil belajar siswa, siklus kedua indikatornya juga sudah tercapai selanjutnya siklus tiga semakin meningkat dan ≥ 75%.     Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, pendekatan keterampilan proses 

Copyrights © 2014