Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 2, No 3 (2014)

PENGARUH MINAT BACA DAN MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO

Hardiyanti Hardiyanti (Unknown)
Siti Samhati (Unknown)
Mulyanto Widodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2014

Abstract

The problem in this research is about the influence of reading interest and model of study to speech text writing intellect. Learning model is Cooperative study method type STAD. The purpose of this research is to find out the influence of reading interest, model of study and writing a speech text. This research concluded that the used of methodnof study was more influenced to writing speech text intellect than students' reading interest. That finding was shown that  (12,67) (4,09) which means there was an average difference of students' writing intellect which delivered by cooperative study method type STAD with CTL sample type was influeced to the intellect of students' writing speech text intellect. Where as (5,40) (4,09) was proven that there was an interaction between those three variables.Masalah penelitian ini adalah mengenai pengaruh minat baca dan model pembelajaran terhadap kemampuan menulis teks pidato. Model yang digunakan yakni Kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara minat baca, model pembelajaran dan menulis teks pidato. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa daripada minat baca siswa. Hal tersebut ditunjukkan bahwa (12,67)  (4,09) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan menulis teks pidato siswa  yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan CTL tipe Pemodelan berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa. Sedangkan,  (5,40)  (4,09) terbukti bahwa ada interaksi antara ketiga variabel tersebut.Kata kunci:  kemampuan menulis teks pidato, minat baca, STAD.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...