Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 3 No. 1 (2022): Juni

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 2 TONDANO

Joubert M Dame (Universitas Negeri Manado)
Jerry Wuisang (Universitas Negeri Manado)
Roy Mambu (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Video dan Media Interaktif Quizizz Terhadap Motivasi Belaj ar Pada Siswa SMK Negeri 2 Tondano. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 83 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linear ganda, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan (1) media video berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar pada siswa Smk Negeri 2 Tondano sebesar 84,82% dengan jumlah thitung > ttabel = 21,281 > 1,98969 dan jumlah fhitung > ftabel = 452,938 > 3,959 (2) media interaktif quizizz berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar pada siswa Smk Negeri 2 Tondano sebesar 56,70%, dengan jumlah thitung > ttabel = 10,2993 > 1,98969 dan jumlah fhitung > ftabel = 105,669 > 3,959 (3) media video dan media interaktif quizizz berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar pada siswa Smk Negeri 2 Tondano sebesar 85,93% dengan jumlah fhitung > ftabel = 248,422 > 3,111. Kata Kunci : Media Video, Media Interaktif Quizizz, Motivasi Belajar ABSTRACT This study aims to determine the effect of using video media and interactive media Quizizz on learning motivation in students of SMK Negeri 2 Tondano. This research method is a survey method with a sample of 83 students. The technique used in data collection is a questionnaire (questionnaire), observation and documentation. The results of the study were analyzed using multiple linear regression analysis, simple correlation analysis and multiple correlation analysis. The results of this study show that (1) video media has a positive and significant effect on learning motivation in students of Smk Negeri 2 Tondano by 84.82% with the number of tcount > ttable = 21,281 > 1,98969 and the number of fcount > ftable = 452,938 > 3.959 ( 2) Quizizz interactive media has a positive and significant effect on learning motivation in students of Smk Negeri 2 Tondano by 56.70%, with the number of tcount > ttable = 10.2993 > 1.98969 and the number of fcount > ftable = 105.669 > 3.959 (3) media video and interactive media quizizz have a positive and significant effect on learning motivation in students of Smk Negeri 2 Tondano by 85.93% with a number of fcount > ftable = 248,422 > 3,111. Keywords: Video Media, Quizizz Interactive Media, Learning Motivation

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...