Jurnal Ekonomi Manajemen (JEM)
Vol 17 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 17 ed. 1 Juni 2022

PENGARUH PELAYANAN PERIZINAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA CIREBON

Nur Alia Sumanti (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon)
Devi Anggraini Rahayu (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Abstrak Penelitian ini untuk mengenathui pengaruh pelayanan perizinan terhadap kepuasan masyarakat Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Cirebon. Adapun jenis penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. jenis data yang digunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner dengan menbggunakan SPSS untuk windows versi 26. Data sekunder di peroleh dari data perusahaan serta beberapa buku dan jurnal yang dapat dipertanggungjawabkan. sampel dalam penelitian ini 76 responden dengan probability sampling menggunakan teknik sampel acak sederhana hasil penelitian ini dengan pengujian hipotesis dengan hasil Nilai thitung variabel pelayanan perizinan (X) sebesar 1.813 > t tabel 1.66571 dengan tingkat signifikansi α=5%. Berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pelayanan perizinan (X) dengan kepuasan masyarakat (Y). Dari hasil tersebut maka Ho ditolak dan berarti Ha diterima dengan nilai pengaruh sebesar 44,3 %. Abstract This study is to determine the effect of licensing services on community satisfaction at the Cirebon City Investment and One-Stop Integrated Service Office. The type of research used is a quantitative approach with a simple linear regression analysis technique. the type of data used is primary data obtained through a questionnaire using SPSS for windows version 26. Secondary data is obtained from company data and several books and journals that can be accounted for. The sample in this study was 76 respondents with probability sampling using a simple random sample technique. The results of this study were hypothesis testing with the result that the tcount value of the licensing service variable (X) was 1.813 > t table 1.66571 with a significance level of = 5%. It means that there is a significant influence between the licensing service variable (X) and community satisfaction (Y). From these results, Ho is rejected and means Ha is accepted with an influence value of 44.3%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jem

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Membahas tentang Ilmu Manajemen dengan berbagai konsentrasi di antaranya adalah Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Kesehatan, Manajemen Rumah Sakit, Akuntansi, Marketing, kewirausahaan, Komunikasi Bisnis, dan semua yang berhubungan dengan Ekonomi Bisnis dan manajemen. ...