cover
Contact Name
Andika Saputra
Contact Email
andika@stiecirebon.ac.id
Phone
+6283824042133
Journal Mail Official
andika@stiecirebon.ac.id
Editorial Address
Griya Intan Blok F no. 14. Kel. Larangan. Kec. Harjamukti
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Manajemen (JEM)
ISSN : 23374012     EISSN : -     DOI : -
Membahas tentang Ilmu Manajemen dengan berbagai konsentrasi di antaranya adalah Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Kesehatan, Manajemen Rumah Sakit, Akuntansi, Marketing, kewirausahaan, Komunikasi Bisnis, dan semua yang berhubungan dengan Ekonomi Bisnis dan manajemen. Analysis | Information Theory and Cryptography | Environmental sustainability | Modern Management | Bio informatics and other allied areas. Business studies | Human Resource Management | Organizational Behavior | Leadership | Strategic Management | Strategic Human Resource Management | Managing People and Organization | Managing Change | International Business | Management of Small Business | Entrepreneurship & Entrepreneurial Development | Management Science | Operations Management | Business Dynamics | Strategic Policy and Entrepreneurship | Managing Multinational Enterprise | Environmental Management | Public Institutions Management | Governance, Supply Chain Management, Hospitability Industry Management, Contemporary Issues in Management, and all other Management areas.
Articles 109 Documents
PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PELAYANAN PENERIMAAN PAJAK DI BADAN PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN CIREBON Indra Surya Permana; Sukana
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2 No 1 (2019): Vol 2, No 1 Januari 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.259 KB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to analyze the influence between independent variables on the dependent variable of employee performance. In this case how the influence of Application of Information Technology on Employee Performance, Compensation to Employee Performance, Work Environment on Employee Performance either partially or simultaneously. This sampling method used in this research is nonprobability sampling with sub categories of purposive sampling because the number of samples taken from some population with certain categories with a specific purpose, The sample in this study are all employees who have a minimum education level D3 with the consideration of employees with D3 minimum level of education must have the ability in the field of information technology, as many as 55 people. Data were collected by using a questionnaire in the form of a list of statements. The analysis used in this research is descriptive analysis and quantitative analysis which includes validity test, reliability test, simple linear regression, hypothesis test with partial regression test (t-test). Data analysis technique used in this research is correlation and regression, that is Multiple Linear Regression, to determine contribution of each variable X1, X2, X2 either partially (each) or together to variable Y. Based on the calculation of the regression analysis, the computed value of the compensation variable (X2) is ≥ 2.528 ttable (1.6794) with significance level 0.015 (p < 0.05). From these results then Ho is rejected and Ha means accepted. This means that there is a significant influence between the variable Compensation (X2) on Employee Performance. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu kinerja pegawai. Dalam hal ini bagaimana pengaruh Penerapan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Pegawai, Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan sub kategori purposive sampling karena jumlah sampel diambil dari sebagian populasi dengan kategori tertentu dengan tujuan tertentu, Sampel pada penelitian ini adalah seluruh pegawai yang memiliki jenjang Pendidikan minimal D3 dengan pertimbangan pegawai dengan tingkat Pendidikan minimal D3 harus memiliki kemampuan dalam bidang teknologi informasi, sebanyak 55 orang. Data dikumpulkan dengan menggunanakan kuesioner yang berupa daftar pernyataan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, uji hipotesis dengan uji regresi secara parsial (uji t). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dan regresi, yaitu Regresi Linear Berganda, untuk menentukan kontribusi masing - masing variabel X1, X2,X2 baik secara parsial (masing-masing) maupun secara bersama-sama terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi, Nilai thitung variabel Kompensasi (X2) sebesar ≥ 2,528 ttabel (1.6794) dengan tingkat signifikansi 0.015 (p < 0.05). Dari hasil tersebut maka Ho ditolak dan berarti Ha diterima.
PENGARUH ETOS KERJA, KEPUASAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI PUSKESMAS KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU Ellin Herlina; Retina Sri Sedjati; Wartubi
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2 No 1 (2019): Vol 2, No 1 Januari 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.309 KB)

Abstract

ABSTRACT This study includes a type of comparative causal research that aims to investigate possible causal relationships, rediscover facts that may be the cause through certain data, with the type of data used is quantitative data. The number of population in this research is all employees in Puskesmas Karangampel Indramayu which amounted to 41 people. The total sample in this study were 41 people. The Work Environment affects Employee Performance. In this case means if the better Work Environment it will improve Employee Performance and also vice versa if Working Environment bad will decrease Employee Performance. Physical factor is the dominant factor in this research, (4) Together, the four variables studied bepengaruh on Performance of employees at Puskesmas Karangampel Indramayu. Of the four variables developed the most dominant variables are, Work Ethic, then Work Environment and Last is Job Satisfaction. However, Employee Performance is certainly influenced by various other factors outside the framework of this research. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh antara variabel bebas yaitu; Etos Kerja (X1), Kepuasa nKerja (X2), dan Lingkungan Kerja (X3) terhadap variabel terikat yaitu Kinerja pegawai (Y), pada Puskesmas Karangampel, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersamasama. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausal komparatif yang bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat yang ada, mencari kembali fakta yang mungkin menjadi penyebab melalui data tertentu, dengan jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah seluruh pegawai di Puskesmas Karangampel Indramayu yang berjumlah 41 orang. Total sampel pada penelitian ini yaitu 41 orang. Hasil penelitian menujukkan bahwa etos kerja, kepuasan kerja dan lingkungan kerja berepengaruh signifikan positif terhadap kinerja pegawai di Puskesmas Karangampel Kabupaten Indramayu dan secara bersama-sama ke tiga varial berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Kuskesmas Karangampel Indramayu, dari ketiga variabel yang dikembangkan variabel yang paling dominan adalah, Etos Kerja, kemudian Lingkungan Kerja dan Terakhir adalah Kepuasan Kerja. Akan tetapi Kinerja Pegawai tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor lain diluar kerangka penelitian ini.
KOMITMEN ORGANISASI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PROFESIONALITAS KERJA PEGAWAI DI PUSKESMAS KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU Andika Saputra; Wawat Hermawati; Ndaru Takaryanto
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2 No 1 (2019): Vol 2, No 1 Januari 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.531 KB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to obtain information about the influence between the independent variables of Leadership Style (X1), Motivation (X2), and the dependent variable Job Satisfaction (Y) both in partical and simurtan. This research method uses descriptive analyst research with quantitative associative type. The population in this study were 54 employees of Jatibarang Indramayu Health Center, the authors took a sample of all Jatibarang Indramayu Health Center employees or saturated sampling. The conclusions of this study were 3 namely (1). Leadership Style (X1), partially positive and significant effect on Job Satisfaction (Y). The magnitude of the influence of leadership style on job satisfaction is 39.4%. (2). Motivation (X1), partially positive and significant effect on Job Satisfaction of 46.4%. (3). Leadership Style (X1), and Motivation (X2), positive and significant influence together (silmutan) on Job Satisfaction (Y). The magnitude of the influence of the Leadership Style and Motivation on Job Satisfaction by 61.40% ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh antara Variabel bebas Gaya Kepemimpinan (X1), Motiovasi (X2), dan Variabel terikat Kepuasan Kerja (Y) baik secara partikal maupun simurtan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analis dengan jenis asosiatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Puskesmas Jatibarang Indramayu sebanyak 54 orang, penulis mengambil sampel seluruh karyawan Puskesmas Jatibarang Indramayu atau sampling jenuh. Kesimpulan penelitian ini ada 3 yaitu (1). Gaya Kepemimpinan (X1), secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja (Y). Besarnya pengaruh Gaya Kepempinan terhadap Kepuasan Kerja sebesar 39.4%. (2). Motivasi (X1), secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja sebesar 46.4%. (3). Gaya Kepemimpinan (X1), dan Motivasi (X2), berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama (silmutan) terhadap Kepuasan Kerja (Y). Besarnya pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kepuasan Kerja sebesar 61.40%
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KETERAMPILAN KERJA DAN SIKAP PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KECAMATAN BEBER Wike Pertiwi; Endah Rismayanti
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2 No 1 (2019): Vol 2, No 1 Januari 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.348 KB)

Abstract

ABSTRACT In this study there are four main conclusions, namely (1) Service Quality, Employee Skills, and Employee Attitudes simultaneously have a significant positive effect on Satisfaction of the Community in Beber District Office of Cirebon Regency with a total influence of 81.8%. The rest is influenced by other variables that are not researched. (2) Partially, Service Quality has a significant positive effect on Satisfaction of Public in Beber District Office of Cirebon Regency. The dominant factor in this research is the service process which is considered much easier and less complicated than before. (3) Partially, Employee Skill Affects Public Satisfaction in Beber District Office of Cirebon Regency. The dominant factor in this study is the level of ability in self-control which is considered the best, while commitment to the organization is considered still to be improved again (4) Partially, Employee Attitudes affect the Satisfaction of the Community at the District Office Beber Cirebon regency. The most powerful factor in this research is emotional stability in work. While that still needs to be improved is a feeling of love for the work done. ABSTRAK Kesimpulan pokok dalam penelitian ini adalah (1) Kualitas Pelayanan, Ketrampilan Kerja Pegawai, dan Sikap Pegawai secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon dengan pengaruh total 81,8 %. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. (2) Secara parsial, Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat di di Kantor Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon. Faktor yang dominan dalam penelitian ini adalah proses pelayanan yang di nilai sudah jauh lebih mudah dan tidak berbelit-belit di bandingkan sebelum-sebelumnya. (3) Secaraparsial, Ketrampilan Kerja Pegawai berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat di di Kantor Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon. Faktor yang dominan dalam penelitian ini adalah tingkat kemampuan dalam mengendalikan diri yang dianggap paling baik, sementara komitmen terhadap organisasi dianggap masih harus ditingkatkan lagi (4) Secara parsial, Sikap Pegawai berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat di di Kantor Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon.
PENGARUH STRESS KERJA, DUKUNGAN SOSIAL, DAN MOTIVASI PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI ICU RSUD GUNUNG JATI KOTA CIREBON Eman Sulaiman; Ari Mawati
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2 No 1 (2019): Vol 2, No 1 Januari 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.726 KB)

Abstract

ABSTRACT There are four main conclusions, namely (1) Job Stress has a significant negative effect on ICU Employee Job Satisfaction at Gunung Jati Hospital. This means that if job stress increases, Employee Job Satisfaction will decrease. Vice versa if work stress decreases, then Employee Job Satisfaction will increase. (2) Social Support has a significant positive effect on Job Satisfaction of ICU Employees at Gunung Jati Regional Hospital. This means that if social support increases, Employee Job Satisfaction will also increase. Vice versa if social support for employees decreases, then their Job Satisfaction will decrease (3) Work Motivation has a significant positive effect on ICU Employee Job Satisfaction at Gunung Jati Regional Hospital. This can be interpreted if the level of work motivation of employees is increased, then their Job Satisfaction will also increase. Vice versa, if their motivation decreases, then by itself their Job Satisfaction will also decrease. (4) Together, the three variables studied have a significant positive effect on the Job Satisfaction of ICU Employees in Gunung Jati. ABSTRAK Ada empat kesimpulan pokok, yaitu (1) Stress Kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap Kepuasan Kerja Pegawai ICU di RSUD Gunung Jati. Artinya jika stress kerja meningkat maka Kepuasan Kerja Pegawai akan menurun. Begitupun sebaliknya jika stress kerja menurun, maka Kepuasan Kerja Pegawai akan meningkat. (2) Dukungan Sosial berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Kerja Pegawai ICU di RSUD Gunung Jati. Artinya jika dukungan sosial bertambah, maka Kepuasan Kerja Pegawai juga akan meningkat. Begitu juga sebaliknya jika dukungan sosial terhadap pegawai berkurang, maka Kepuasan Kerja merekapun akan menurun (3) Motivasi Kerja berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Kerja Pegawai ICU di RSUD Gunung Jati. Hal tersebut dapat diartikan jika tingkat motivasi kerja pegawai ditingkatkan, maka Kepuasan Kerja mereka juga akan meningkat. Begitu juga sebaliknya, jika motivasi mereka mnurun, maka dengan sendirinya Kepuasan Kerja mereka juga akan menurun. (4) Secara bersama-sama, Ketiga variabel yang diteliti bepengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Kerja Pegawai ICU di RSUD Gunung Jati.
PENGARUH KOMPETENSI SUMBERDAYAMANUSIA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. MAYBANK INDONESIA TBK CABANG SILIWANGI KOTA CIREBON Vina Andita Pratiwi; Elly Herawati; Probo Heryatno
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2 No 1 (2019): Vol 2, No 1 Januari 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.072 KB)

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the level of Influence Employee Competency toward Employee Performance PT. Bank Maybank Indonesia Tbk. Where the reponden is a permanent employee of PT. Bank Maybank Indonesia Tbk. with 45 respondents. The distributed questionnaire consisted of 10 questions about employee competence and consisted of 10 questions about employee performance. Base don the results of research conducted, itsshows that thereis a positive effect of employee competency o nemployee performance, PT. Bank Maybank Indonesia Tbk. Siliwangi Branch Cirebon City. It seen from the simple regression equation Y = 4.290 + 0.868X. the analysis that the equation shows a positive influence of the variable X toward variable Y, incresing increase of variable X for 1,it will be influense to increase employee performance at 0.868 poitn . Thus the hypothesis that the researcher submitted accepted, that there is a positive influence of employee competency onemployee performance PT. Bank Maybank Indonesia TbkSiliwangi Branch Cirebon City. So it can be concluded there is partially significant influence of employee competency variables toward employee performance PT. Bank Maybank Indonesia Tbk.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Pengaruh Kompetensi Sumber DayaManusia Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Maybank Indonesia Tbk. Dimana yangmenjadi reponden adalah karyawan tetap PT. Bank Maybank Indonesia Cabang SiliwangiKota Cirebon dengan 45 responden. Kuesioner yang dibagikan terdiri dari 10 pertanyaanmengenai kompentensi karyawan dan terdiri dari 10 pertanyaan mengenai kinerja karyawan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa ada pengaruh positif darikompetensi karyawan terhadap kinerja karyawan PT. Bank Maybank Indonesia CabangSiliwangi Kota Cirebon Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan diterima, yaitu adasuatu pengaruh positif dari variabel kompetensi karyawan terhadap kinerja karyawan PT.Bank Maybank Indonesia Cabang Siliwangi Kota Cirebon. Sehingga dapat disimpulkan adapengaruh signifikan secaraparsial dari variabel kompetensi karyawan terhadap kinerjakaryawan PT. Bank Maybank Indonesia CabangSiliwangi Kota Cirebon.
PERAN LAYANAN JASA DALAM MEMBERIKAN KEPUASAN WISATAWAN DAN MINAT BERKUNJUNG ULANG PADA OBYEK WISATA HUTAN MANGROVE PANDANSARI BREBES Abdul Aziz; Isoh Mukhlisoh; Agus Abikusna
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2 No 1 (2019): Vol 2, No 1 Januari 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.25 KB)

Abstract

ABSTRACTTourism needs services in the hope of being able to provide decent services for tourist to feel comfortable in visiting, so that it can provide satisfaction from that satisfaction will cause a sense of interest in visiting. Therefore, this study aims to find out how the effect of quality of tourist service towards tourist satisfaction and revisiting interest at tourism place of mangrove forest. Padansari Brebes.This study uses a quantitative approach. The data used in this study are primary data with data collection techniques through questionnaires with 96 respondents. Data analysis using simple linear regression with validity and reliability testing while testing partially through the t test.In addition conducted the basic assumption test. Where all test the SPSS version 20 program tool.ABSTRAKAdanya layanan jasa bagi dunia pariwisata diharapan mampu memberikan layanan yang layak untuk wisatawan agar merasakan kenyamanan dalam berkunjung sehingga dapat memberikan rasa puas dari kepuasan tersebuat akan menimbulkan rasa minat berkunjung ulang. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan jasa wisatawan terhadap kepuasan wisatawan dan minat berkunjung ulang pada Obyek Wisata Hutan Mangrove Pandansari Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Dengan jumlah responden 96 orang. Analisis data menggunakan regrensi linear sederhana, dengan pengujian validitas, dan pengujian reliabilitas. Sedangkan pengujian secara persial uji t. selain itu, dilakukan uji asumsi dasar, dimana semua pengujian tersebutmenggunakan alat bantu program SPSS versi 20.
PENGARUH KEPUASAN TERHADAP PRODUK, TARIF JASA DAN KUALITAS PELAYANAN BANK SYARIAH Veny Pitriani Rohmah; Basiran; Anwar Sanusi
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2 No 1 (2019): Vol 2, No 1 Januari 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.163 KB)

Abstract

ABSTRAK It has been a decade that the phenomenon of the development of banking with the principle of sharia (Islam) has penetrated Indonesia as a country with a large majority of Muslims. Its development was felt in various big cities in Indonesia, including Bandung as the capital city of West Java, which has a Muslim population of around 85%. MUI fatwa on halal and haram bank interest becomes a challenge for Islamic banks to better demonstrate their advantages. Both Islamic banks and banks with Sharia Business Unit status, they all strive to be the best. This is evidenced by the increasing number of banks implementing the Dual Banking System in which banks that have implemented conventional banking systems form Islamic banking units. Even now there are several foreign banks operating in Indonesia opening sharia service offices as a competitive strategy in the open market. ABSTRAK Sudah satu dasawarsa fenomena berkembangnya perbankan dengan prinsip syariah (Islam) merambah di Indonesia sebagai negara yang hampir sebagian besar penduduknya beragama Islam. Perkembangannya pun dirasakan di berbagai kota-kota besar di Indonesia, tak terkecuali Bandung sebagai ibu kota daerah Jawa Barat, yang jumlah penduduk muslimnya sekitar 85%. Fatwa MUI tentang halal dan haramnya bunga bank menjadi sebuah tantangan bagi bank syariah untuk lebih menunjukkan keunggulan-keungulan mereka. Baik bank Umum Syariah atau pun bank dengan status Unit Usaha Syariah, mereka semua berusaha untuk menjadi yang terbaik. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya bank yang menerapkan Dual Banking System dimana bank-bank yang sudah menerapkan sistem perbankan konvensional membentuk unit-unit perbankan syariah. Bahkan kini ada beberapa bank asing yang beroperasi di Indonesia membuka kantor layanan syariah sebagai strategi bersaing dalam pasar terbuka.
PENDIDIKAN, BUDAYA DAN PERBANKAN SYARIAH Survey Pada Masyarakat Petani CiawigajahCirebon Apud Nursihabudin; Darsono
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2 No 1 (2019): Vol 2, No 1 Januari 2019
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.059 KB)

Abstract

ABSTRACT The lack of knowledge about Islamic banking is reflected in the market share owned by Islamic banks with 5.44% in 2017. Moreover, in 2017, the markethare in Cirebon reached 7.3% per year, 7.7% in the year 2016, and 8.3% in 2015. Of course there are several factors that influence this, one of which is the level of education, and local culture. Based on these studies using a qualitative approach and the nature of clausal associative research. Thus producing a conclusion that the level of education does not affect the knowledge of Islamic banking, The local culture has a significant effect on the knowledge of Islamic banking and there is a significant and significant influence between the level of education and local culture on the knowledge of Islamic banking. ABSTRAK Kurangnya pengetahuan tentang perbankan syariah tercermin dalam pangsa pasar yang dimiliki oleh bank syariah dengan 5,44% pada 2017. Selain itu, pada 2017, pangsa pasar di Cirebon mencapai 7,3% per tahun, 7,7% pada tahun 2016, dan 8,3% pada 2015 Tentu saja ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini, salah satunya adalah tingkat pendidikan, dan budaya lokal. Berdasarkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan sifat penelitian asosiatif klausa. Sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa tingkat pendidikan tidak mempengaruhi pengetahuan perbankan syariah, Budaya lokal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan perbankan syariah dan ada pengaruh yang signifikan dan signifikan antara tingkat pendidikan dan budaya lokal terhadap pengetahuan perbankan Islam.
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI KEBIJAKAN DEVIDEN DI PERUSAHAAN TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Indra Surya Permana; Romi Hendra
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 1 No 2 (2018): 2018 Vol 1 No 2 Juli
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.256 KB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to examine the effect of Profitability, Leverage and Managerial Ownership on Corporate Value through the Dividend Policy as Intervening Variable. In addition, this study also aims to examine the effect of dependent and independent variables either directly or indirectly to the decision of the Dividend Policy and the creation of Company Value in order to provide Analysis for Stakeholders that which variables that influence significantly in decision making. To test the variable, the researcher uses three independent namely profitability, leverage and managerial ownership and two dependent that is dividend policy and firm value as research object. The results showed that the results of Profitability and Leverage value significantly influence both directly and indirectly to Dividend Policy decisions and the creation of Firm Value on companies listed on the Bursa Efek Indonesia, especially in the Manufacturing sector used in this study. But the decision in Managerial Ownership of the company has no significant effect either directly or indirectly to the decision of the Dividend Policy and the creation of Firm Values used in this study. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan melalui Kebijakan Deviden sebagai Variabel Intervening. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh variabel dependent dan independent baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap keputusan Kebijakan Deviden dan terciptanya Nilai Perusahaan agar bisa memberikan Analisa bagi Stakeholder bahwa variabel-variabel mana yang mempengaruhi secara signifikan dalam pengambilan keputusan. Penelitian dilakukan dengan metode pengambilan data secondary perusahaan yang terdaftar PT. Bursa Efek Indonesia melalui website resminya di www.idx.co.id khususnya di sektor manufaktur sebanyak 136 perusahaan. Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil profitabilitas dan nilai leverage berpengaruh signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap keputusan kebijakan deviden dan terciptanya nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia khususnya di sektor Manufaktur yang digunakan dalam penelitian ini. Tetapi keputusan dalam Kepemilikan Manajerial pada perusahaan tidak berpengaruh signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap keputusan Kebijakan Deviden dan terciptanya Nilai Perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini.

Page 1 of 11 | Total Record : 109