Kajian Moral dan Kewarganegaraan
Vol 8 No 2 (2020): Kajian Moral dan Kewarganegaraan (Jilid 2)

PERILAKU PEDULI LINGKUNAN PADA EKSTRAKURIKULER KELOMPOK PEMERHATI LINGKUNGAN (KPL) DI UPT SMPN 29 GRESIK

EL TSANIA DANA ANGGRAINI (Unknown)
HARMANTO (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2020

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengetahuan, sikap dan perilaku peduli lingkungan antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler KPL dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler KPL di UPT SMP negeri 29 Gresik. Fokus penelitian ini pada pengetahuan, sikap dan perilaku peduli lingkungan. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori karakter yang baik milik Thomas Lickona. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler KPL dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler KPL meliputi; (1) pada pengetahuan peduli lingkungan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler KPL lebih banyak mendapatkan wawasan terkait menjaga lingkungan saat mengikuti ekstrakurikuler tersebut dari pada siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler KPL sehingga pengtahuan yang di miliki berbeda. (2) pada sikap peduli lingkungan juga berbeda karena siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler KPL hanya memanfaatkan beberapa tanaman obat yang di tanam di lingkungan sekolah dari pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler KPL dan membersihkan taman yang terletak di depan kelas. (3) pada perilaku peduli lingkungan, siswa yang mengikuti ektrakurikuler terbiasa melakukan perilaku peduli lingkungan saat mengikuti ektrakurikuler KPL dengan begitu perilaku yang telah di contohkan oleh anggota KPL dapat di tiru oleh siswa yang tidak mengikuti ektrakurikuler KPL seperti menjaga lingkungan agar tetap bersih, mengikuti kegiatan memanfaatkan sampah melalui kegiatan MPLS dan pagelaran yang di adakan oleh ekstrakurikuler KPL, melakukan hemat air dan energi listrik. Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Peduli lingkungan, Abstract This study aims to analyze the knowledge, attitudes and behaviors of caring about the environment between students who take the KPL extracurricular activities whit students who do not take the KPL extracurricular activities at UPT SMPN 29 Gresik. The focus of this research is ono environmental knowledge, attitudes and behaviors. The theory used in this research is Thomas Lickona good character theory. This research uses descriptive qualitative approach. The results of this there are differences between students who take KPL extracurricular activities and students who do not take KPL extracurricular activities include; (1) the knowledge of environmental care students who take extracurricular KPL get more insight related to protecting the environment when participating in extracurricular activities than students who do not take extracurricular KPL so that their knowledge is different. (2) The attitude of caring for the environment is also differents because students who do not attend tha KPL extracurricular only utilize a few medicinal plants that are planted in the school environment that students who take the KPL sxtracurricular and clean the park located in front of the class. (3) On environmental care behavior when attending KPL extracurricular activities so that the behavior that has been demonstrated by KPL members can be copied by students who do not attend KPL extracurricular activities such as keeping the environment clean, following the activities utilizing waste through MPLS activities and performances held by KPL extracurricular, saving water and electricity. Keywords: Knowledge, Attitudes, Behavior, Care about the environment

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-kewarganegaraa

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian di bidang kewarganegaraan, pendidikan, ideologi, politik, sosial, humaniora, nilai, dan ...