Jurnal Teknologi Sumberdaya Mineral
Vol 3 No 1 (2022)

Coal Bed Methane di Indonesia : Review dan Permasalahannya

Riska Laksmita Sari (Program Studi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37 Jember)
Hadziqul Abror (Program Studi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37 Jember)
Eriska Eklezia Dwi Saputri (Program Studi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37 Jember)
Welayaturromadhona Welayaturromadhona (Program Studi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37 Jember)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Coal Bed Methane (CBM) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Gas Metana Batu Bara, merupakan salah satu sumber energi baru yang termasuk dalam kategori hidrokarbon nonkonvesional. CBM dinilai dapat menjadi energi alternatif gas konvensional. Diperkirakan terdapat 11 cekungan batubara darat di Indonesia dengan total sumber daya CBM prospektif sebesar 453,3 TCF. Cekungan-cekungan tersebut tersebar di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Menurut studi yang dilakukan oleh beberapa peneliti, potensi CBM pada batu bara di Indonesia sebagian besar pada kelompok high-rank coal yang artinnya memiliki cadangan energi atau kalori yang besar. Terkait perkembangan wilayah kerja pengembangan CBM di Indonesia, dari semula berjumlah 54 blok CBM yang sudah dilakukan tanda tangan kontrak antar pemerintah dengan kontraktor, hanya tersisa 34 blok yang terdaftar dengan 2 blok dalam proses terminasi. Adannya trend menurun pengembangan proyek CBM di Indonesia ini disebabkan beberapa faktor, diantarnnya faktor teknis dan non teknis yang salah satunnya terkait regulasi pengembangan CBM sebagai gas nonkonvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JENERAL

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Engineering

Description

Jurnal nasional berbahasa indonesia dan bersifat open access yang menerbitkan artikel hasil penelitian tentang eksplorasi dan pemanfaatan mineral serta pengolahannya di bidang teknik pertambangan yang meliputi: Eksplorasi Sumberdaya Minerba, Perencanaan Tambang, Ekonomi Minerba, Reklamasi dan ...